Simulasi capres dan elektabilitas diatas menunjukkan bahwa capres PDIP Megawati dan capres Golkar Aburizal Bakrie bersaing ketat dan bisa saling mengalahkan,"
Jakarta (ANTARA News) - Hasil terbaru riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan jika survei elektabilitas yang akan menjadi indikator pemenang konvensi Partai Demokrat, maka Dahlan Iskan memperoleh dukungan terkuat publik.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby kepada pers di Jakarta, mengatakan, elektabilitas Dahlan Iskan sebesar 16,1 %, disusul Pramono Edhie Wibowo 5,3 %, Marzuki Ali 3,2 %, Gita Wiryawan 2,2 %, sedangkan kandidat lainnya masih dibawah 2 %.

Survei LSI itu diadakan pada 12 September--5 Oktober 2013, di 33 Provinsi ddengan menggunakan 1.200 responden. Dengan metode multistage random sampling, estimasi kesalahan penyamplingan sekitar 2,9 %. Survei itu juga menggunakan instrumen kuesioner dengan wawancara tatap muka (face to face interview).

Dengan demikian, kata Adjie, jika Dahlan Iskan yang menang konvensi dan memperoleh tiket capres partai Demokrat, maka sesuai survei LSI Oktober 2013, posisi elektabilitas masing-masing kandidat, yaitu Megawati 29,8 % dan  Aburizal Bakrie 28,6 %, sedangkan Dahlan Iskan (9,2 %) dan yang belu menentukan (32,4 persen).

Namun jika Pramono Edhie yang menang konvensi dan bertarung menghadapi capres PDIP dan Golkar, maka hasilnya Megawati (34,5 %), Aburizal Bakrie (31.3 %), sedang Pramono Edhie (3,5 %) dan belum memutuskan sebesar 30,7 %.

Jika Marzuki Ali yang maju sebagai capres Demokrat, hasilnya adalah Megawati (29,7 %), Aburizal Bakrie (30,5 %), Marzuki Ali (5,5 %), dan yang belum memutuskan sebesar 34,3 %.

Sedangkan, jika Gita Wiryawan yang sebagai capres, maka hasilnya Megawati (31,9 %), Aburizal Bakrie (31,0 %), Gita Wiryawan (1,9 %), dan yang belum memutuskan 35,2 %.

"Simulasi capres dan elektabilitas diatas menunjukkan bahwa capres PDIP Megawati dan capres Golkar Aburizal Bakrie bersaing ketat dan bisa saling mengalahkan," katanya.

Sementara dukungan para capres Demokrat ini masih dibawah 10 % jika bersaing dengan capres partai Golkar maupun PDIP. Sementara dukungan terhadap capres PDIP dan Golkar rata-rata sudah diatas 25 %.

Berdasarkan Survei LSI pada Oktober 2013, Capres Riil yang memenuhi syarat Indeks Capres 2014 hanya Megawati Soekarnoputri, Aburizal Bakrie dan pemenang konvensi Demokrat.

"Capres Riil 2014 dapat berubah jika Megawati Soekarnoputri menolak mencalonkan diri sebagai bakal Capres 2014 dan Demokrat tak mendapatkan dukungan partai lain untuk memenuhi syarat mengajukan capres 2014 yaitu mendapatkan 20 % suara di kursi DPR atau mendapatkan dukungan 25 % suara pemilih dalam pemilu legislatif 2014.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013