Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB PERSANI) siap 100 persen  maju sebagai tuan rumah Gymnastics World Championship 2025.

PB PERSANI menyiapkan venue di Indonesia Arena, Jakarta, sebagai tempat kejuaraa senam yang diadakan sekali dalam satu tahun tersebut.

"Kita sudah diperkenankan oleh FIG (Federation International Gymnastics), bahwa kita akan menjadi tuan rumah World Championship tahun 2025. Saat ini kita sedang proses bidding dengan menyerahkan dokumen-dokumen, tinggal nunggu persetujuan," kata Sekjen PB Persani Sri Sundari kepada pewarta di Jakarta pada Rabu.

PB PERSANI tengah menunggu lampu hijau Kementerian Pemuda dan Olahraga mengenai proses pengajuan sebagai tuan rumah. 

Kejuaraan dunia senam itu akan diikuti 600 atlet dalam total 1.200 orang termausk ofisial dan juri yang merupakan delegasi-delegasi dari 78 negara. 

Baca juga: Persani siapkan pemusatan latihan untuk Rifda sebelum tampil di Paris

Berdasarkan kalender event FIG, kejuaraan dunia 2025 akan dilangsungkan mulai Oktober 2025 dengan mempertandingkan nomor artistik.

"Artistik saja karena saat ini sesuai dengan DBON (Desain Besar Olahraga Nasional), artistik yang paling utama. Ini merupakan seri yang harus diambil para pesenam untuk mengikuti kegiatan Olimpiade," kata Sri.

PB PERSANI telah merampungkan kerjasama dengan sejumlah pihak kedua untuk persiapan sarana, prasarana, akomodasi dan rumah sakit.

"Paling diperlukan adalah dukungan dari pemerintah. Begitu dukungan pemerintah jalan, yang kita harapkan adanya instruksi dari presiden, maka kita akan mudah melaksanakan persiapan ini, karena 2025 enggak jauh, sebentar lagi, jadi waktunya terasa singkat," pungkas Sri.

Baca juga: Pelatih timnas senam kebut latihan fisik Rifda pasca cedera

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024