Jakarta (ANTARA) - Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi mengungkapkan persiapannya menuju Olimpiade 2024 Paris kini telah mencapai 80 persen.

Atlet andalan Indonesia tersebut kini fokus mempersiapkan kondisi fisik dan teknik sebelum turun di ajang AGU WAG Senior Championships yang berlangsung di Uzbekistan untuk pemanasan sebelum turun di Paris.

"Untuk persiapannya secara fisik sih sudah 70 sampai 80 persen. Kalau untuk teknik masih 50 persen," kata Rifda kepada pewarta di Jakarta, Selasa.

"Kalau untuk gerakan hanya dirapikan saja ya gerakannya. Itu saja sih untuk tampil di Olimpiade," tambahnya.

Mengenai peta persaingan di Olimpiade nanti, peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam tersebut mengatakan semua peserta mempunyai potensi untuk mendulang emas, namun ia mewaspadai kontingen Amerika Serikat yang tak terkalahkan di sejumlah ajang.

"B
anyak sekali ya saingannya terutama dari Amerika Serikat memang itu sih yang paling tak terkalahkan (di ajang sebelumnya)," ujar Rifda.

Sebelum menuju Olimpiade 2024, Rifda kini telah didampingi tim yang khusus dipersiapkan oleh Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tim tersebut nantinya selain menganalisa, juga terdapat dokter tim yang menyiapkan fisik dan nutrisi untuk Rifda.

Baca juga: Pesenam Indonesia Rifda lolos ke Olimpiade Paris 2024

"Jadi apa pun kebutuhan Rifda untuk pelatnas atau pelatihan menuju Olimpiade, kita persiapkan mulai dari analisa penampilannya, kekuatan, dan kondisi fisiknya, nutrisi yang paling penting agar kita mengetahui ketahanan daya tahan tubuh melalui nutrisi," kata Sekjen PB Persani Sri Sundari Kencana.

"Lalu dokter olahraganya juga bertugas. Pokoknya kita bekerja untuk fokus pada Rifda tampil maksimal, apa pun juga yang dihasilkan," tambahnya.

Usai mengikuti AGU WAG Senior Championships 2024 di Uzbekistan, Rifda bakal melakoni pelatnas yang berlangsung di Belanda.

Baca juga: Persani bentuk tim kawal persiapan Rifda menuju Olimpiade Paris
Baca juga: Persani gandeng dua kampus bentuk standar pemilihan atlet senam

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024