Hanoi (ANTARA) - Vietnam dan Laos mengadakan pertemuan di Hanoi, Vietnam dalam rangka meningkatkan kerja sama yang akan mendorong kapasitas pelaksanaan kebijakan jaminan sosial bagi kedua negara.

Pertemuan antara Wakil Direktur Jenderal Jaminan Sosial Vietnam (VSS) Nguyen Duc Hoa dengan Wakil Direktur Jenderal Organisasi Jaminan Sosial Laos (LSSO) Bouahome Phommachane di Hanoi pada Selasa (19/3) itu dilatarbelakangi oleh penguatan kerja sama atas nota kesepahaman periode 2022-2025 yang sudah disepakati sebelumnya.

Wakil Dirjen VSS Hoa menuturkan kunjungan delegasi Laos ke Vietnam akan memberikan kesempatan kepada delegasi untuk mendapatkan pembaruan berharga mengenai peraturan dan informasi baru mengenai fungsi inspeksi khusus VSS.

Sedangkan Wakil Dirjen LSSO Bouahome Phommachane menyakini bahwa kedua belah pihak akan lebih mendorong kerja sama komprehensif untuk meningkatkan kapasitas pelaksanaan kebijakan jaminan sosial yang pada akhirnya memastikan layanan dan efisiensi terbaik bagi warga negara dan dunia usaha di setiap negara.

Delegasi LSSO, lanjut Phommachane, siap berbagi pengalaman dalam praktik pemeriksaan dan pemeriksaan terkait rezim dan kebijakan jaminan sosial kepada Vietnam.

Adapun Hoa bersama para pemimpin dari berbagai departemen VSS turut menjawab pertanyaan delegasi mengenai prosedur pemeriksaan jaminan sosial dan asuransi kesehatan, serta metode untuk menjamin jaminan sosial di kedua negara.

Saat sesi berakhir, Bouahome Phommacane menyatakan keinginannya agar VSS dan LSSO mempertahankan kolaborasi erat dalam pemeriksaan jaminan sosial khusus dan jaminan jaminan sosial secara keseluruhan.

Hal ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penguatan lebih lanjut hubungan Vietnam-Laos di tahun-tahun mendatang.

Sumber : VNA-OANA
Baca juga: Vietnam-Laos pertimbangkan bangun zona ekonomi lintas batas bersama
Baca juga: Vietnam dan Laos kerja sama lindungi sungai dengan anggaran Rp46,5 M
Baca juga: Vietnam dapat tawaran penjualan 4.150 MW tenaga angin dari Laos


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024