Jakarta (ANTARA) - Shopee High End Brands (HEB) siap diluncurkan di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan mendukung jenama fesyen dari desainer lokal untuk memasarkan produk mereka di pasar internasional.

“Kita sudah soft launch High End Brands pada 20 Januari 2024. Kita baru fokus ke desainer dari Indonesia, jadi sebelum ada (jenama) fesyen lainnya, fesyen-fesyen dari desainer Indonesia dulu yang muncul,” kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto saat ditemui dalam acara “Shopee High End Brand Sharing Session” di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/3).

Baca juga: 60 desainer Indonesia gabung jadi penjual Shopee!

Shopee HEB merupakan wadah bagi para desainer Indonesia yang ingin mempromosikan jenama fesyen mereka di pasar lokal hingga internasional. Rencananya, Shopee HEB akan hadir di sejumlah negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Filipina, Malaysia, dan lainnya.

Oleh karena itu, Shopee HEB menerapkan beberapa syarat yang ketat bagi para desainer yang ingin memasarkan produk mereka di platform ini. Mulai dari kualitas, keunikan, hingga legalitas produk yang dipasarkan.

“Satu, dari kualitasnya, kedua readiness mereka untuk bisa pengiriman barang. Generally, mereka harus punya merek yang terdaftar bagus, sudah punya HAKI sendiri, atau mereka fashion designer yang sudah punya nama,” kata Christin.

Baca juga: Pengalaman pelanggan Malaysia beli produk Indonesia di Shopee

Dia menambahkan, “Untuk program HEB di Indonesia, kita akan punya campaign-nya sendiri untuk mengenalkan desainer Indonesia, kita bisa highlight kalau (produknya) dari Indonesia,” katanya.

Untuk saat ini, Christin mengatakan harga produk fesyen yang ditawarkan di Shopee HEB berada di kisaran jutaan Rupiah. Namun, Shopee HEB memastikan bahwa produk-produk yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya, dan menjaga keamanan produk hingga sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik.

Baca juga: Ragam solusi Shopee bagi UMKM bikin usaha lokal mendunia

Meski demikian, Shopee Indonesia akan tetap mendukung produk-produk dari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk dipasarkan di platform mereka. Shopee HEB merupakan alternatif lain bagi konsumen yang ingin membeli produk fesyen berkualitas premium dari para desainer Indonesia.

“Masih banyak UMKM yang bekerja sama dengan kita, tetap (didukung oleh Shopee). Ini (Shopee HEB) jadi kayak segmen lain, lini bisnis yang berbeda,” begitu penjelasan Cristin Djuarto.

Baca juga: Didiet Maulana: Shopee buktikan batik lokal juga layak ekspor

Baca juga: Shopee luncurkan High-End Brands, bertabur desainer papan atas


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024