Jakarta (ANTARA) - Industri fesyen Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya dalam akses digitalisasi, melalui panggung-panggung yang mempromosikan desainer lokal.

Salah satu upaya mendukung talenta lokal tersebut terlihat dalam kolaborasi antara Shopee dengan desainer-desainer terbaik tanah air, melalui fitur High-End Brands Indonesia By Shopee (HEB) yang mewadahi produk-produk dari brand dan perancang busana ternama di Indonesia.

Acara fashion show dan gala dinner bertajuk High-Ends Brands Indonesia by Shopee Evening Soiree, yang diadakan di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta (20/1), merupakan soft-launching bagi fitur premium terbaru yang mulai bisa diakses pengguna pada Mei 2024.

Acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi para brand dan perancang busana untuk memamerkan karyanya, tetapi juga menandai kolaborasi yang kuat antara High-End Brands Indonesia By Shopee dan industri fesyen lokal.

Baca juga: Shopee luncurkan High-End Brands, bertabur desainer papan atas

Karya dari sejumlah nama besar di industri fesyen lokal seperti Didiet Maulana, .Edward Hutabarat, Ghea Panggabean, Harry Halim, Mel Ahyar, Samudra Hartanto, Sebastian Gunawan, dan Tex Saverio akan bisa ditemukan dalam kanal ini.

"Kolaborasi ini menjadi langkah penting bagi perkembangan industri fashion Indonesia ke depannya. Dukungan yang diberikan oleh High-End Brands Indonesia By Shopee ini membuka peluang besar bagi para brand dan desainer lokal untuk dapat lebih dikenal secara luas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga nantinya berkesempatan untuk menjangkau kancah internasional. Ini menjadi dorongan positif untuk seluruh komunitas fashion di Tanah Air,” ujar Tex Saverio saat acara soft -launching HEB Indonesia.

Hingga gelaran soft-launching, ada hampir 60 perancang busana telah bergabung sebagai penjual di High-End Brands Indonesia, di antaranya adalah, Patrick Owen, Tities Saputra, Kimberly Tandra, Surya Abduh, dan perancang busana ternama lainnya.

Sejumlah brand premium-tanah air juga telah hadir di kanal eksklusif ini, di antara lain, Passion Jewelry, KRATON, Iwan Tirta, dan Veresa. Satu aspek penting dalam pemasaran produk desainer lokal melalui e-commerce adalah potensi untuk menjangkau pasar global.

Ke depannya, HEB diharapkan mampu menjadi jembatan yang memperluas cakupan dan memperkenalkan mahakarya rancangan perancang busana lokal ke dunia. Ini membuka peluang besar bagi desainer lokal untuk meraih kesuksesan internasional dan memperkuat citra mode Indonesia di panggung global.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan bahwa masyarakat akan tetap dapat memperoleh produk eksklusif dari para desainer, sekaligus mendukung pertumbuhan industri fesyen lokal.
Kolaborasi antara Shopee dengan desainer-desainer terbaik tanah air, melalui fitur High-End Brands Indonesia By Shopee (HEB) yang mewadahi produk-produk dari brand dan perancang busana ternama di Indonesia. (Dok. Istimewa)


Baca juga: Supermodel eks VS Angels kenakan gaun karya desainer Indonesia

“Produk eksklusif yang hanya tersedia di HEB menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Mereka tidak hanya mendapatkan produk fesyen yang premium dan eksklusif, tetapi juga berkontribusi langsung pada pertumbuhan dan perkembangan desainer lokal, dengan jangkauan yang lebih luas melalui akses digitalisasi. Ini menciptakan rasa kepemilikan yang lebih kuat dan penghargaan terhadap karya seni yang dihasilkan,” jelas Dhika.

Dalam panggung digital ini, mereka dapat menampilkan kepiawaian dan kreasi mereka kepada konsumen di seluruh Indonesia. Kemampuan untuk memasarkan produk secara eksklusif dan mencapai audiens global nantinya, dapat membantu meningkatkan eksposur desainer, menjadikan HEB sebagai penghubung antara talenta lokal dan pangsa pasar di Indonesia, bahkan mancanegara.

Dari sisi Pembeli, High-End Brands Indonesia By Shopee menawarkan pengalaman berbelanja premium dengan koleksi produk yang telah dikurasi secara langsung dari brand dan perancang busana ternama di Indonesia. HEB memberikan jaminan atas kualitas dan keunikannya, sehingga pembeli dapat menikmati sentuhan eksklusif dalam setiap produk favoritnya.
 
Kolaborasi antara Shopee dengan desainer-desainer terbaik tanah air, melalui fitur High-End Brands Indonesia By Shopee (HEB) yang mewadahi produk-produk dari brand dan perancang busana ternama di Indonesia. (Dok. Istimewa)


Selain produk yang telah dikurasi, HEB juga memberikan berbagai promosi menarik untuk produk premium yang menjadi daya tarik utama di platform eksklusif ini.

Pembeli memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo eksklusif dari berbagai produk premium karya brand dan perancang busana Indonesia.

Dengan demikian, HEB tidak hanya menawarkan produk fashion berkualitas tinggi, tetapi juga memberikan nilai tambah melalui promosi yang menggiurkan, menciptakan pengalaman berbelanja yang bagi para konsumen yang menghargai keistimewaan. Interface pengguna yang dirancang dengan baik di HEB memudahkan konsumen untuk menjelajahi dan memahami setiap detail produk.

Dengan tampilan 360 derajat, konsumen dapat melihat produk secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli, meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pembeli.

Baca juga: Omzet naik 200 persen, intip kiprah pengrajin asal Bali bersama Shopee

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024