Ambon (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Ambon mengingatkan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri agar rutin membayar iuran agar status kepesertaan tetap aktif.

"Pelunasan iuran penting supaya status peserta BPJS Kesehatan tetap aktif sehingga memudahkan klaim saat berurusan dengan rumah sakit," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon Harbu Hakim di Ambon Sabtu.

BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Tanjungpinang pastikan peserta bisa berobat pakai KTP

Dengan adanya janji layanan JKN, kata dia, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN, seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan foto kopi dokumen.

BPJS Kesehatan juga menegaskan tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi.

Menurut dia, peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: Pasien BPJS Kesehatan dalam kondisi darurat bisa dilayani dimana saja

"Peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya.

Selain itu, juga ada fitur Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Inovasi ini mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat.

Ia mengimbau peserta JKN yang melakukan perjalanan mudik agar senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, memperbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan mengusahakan tetap berolahraga ringan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Manado memastikan mutu layanan mudah-cepat-setara

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," katanya.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024