Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi TPI Kelas I Jakarta Utara memudahkan layanan pembuatan paspor bagi warga setempat berupa Eazy Paspor dan layanan akhir pekan .

“Kami memberikan layanan pembuatan paspor melalui Eazy Paspor dan layanan akhir pekan yang sangat memudahkan masyarakat,” kata Kepala Seksi (Kasi) Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Rizki di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan satu layanan Eazy Paspor ini adalah pemberian layanan jemput bola dengan syarat pembuatan minimal 50 pemohon pembuatan paspor.

“Jika ada permohonan maka kami akan mengirimkan petugas untuk melakukan perekaman biometrik,” kata dia.

Selain itu, ada layanan di setiap akhir pekan pada Sabtu dan Minggu yang bernama "Sameday Passport Service" untuk masyarakat yang tidak sempat membuat di waktu kerja.

Baca juga: Imigrasi Jakarta Pusat luncurkan paspor polikarbonat

Unit Pelayanan Percepatan Paspor Kantor Imigrasi Jakarta Utara ini bertempat di Pasar Pagi Mangga Dua dan diadakan pada akhir pekan

“Untuk di akhir pekan ini memang khusus untuk layanan percepatan pembuatan paspor dengan maksimal 30 pemohon setiap harinya,” kata dia

Menurut dia, untuk biaya pembuatan paspor sesuai dengan aturan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan biaya Rp350 ribu untuk paspor biasa dan Rp650 ribu untuk paspor elektronik.

Untuk jasa percepatan penerbitan paspor dalam waktu satu hari atau layanan percepatan dikenakan biaya sesuai aturan sebesar Rp1juta dan paspor tersebut berlaku selama 10 tahun.

"Kami mengimbau warga agar mengajukan permohonan paspor jauh sebelum hari keberangkatan sehingga membayar lebih ringan. Tapi memang, kami perhatikan di sini banyak yang mengajukan layanan percepatan," kata dia.

Baca juga: Imigrasi Jakarta Utara sesuaikan jam pelayanan selama Ramadhan

Sebelumnya Kantor Imigrasi Jakarta Utara menerbitkan sebanyak 5.063 paspor bagi masyarakat di wilayah tersebut sepanjang Februari 2024.

Dari 5.063 paspor itu terdiri dari 1.943 paspor biasa dan 3.120 paspor elektronik.

Jumlah itu lebih sedikit dibanding penerbitan paspor di Januari 2024 dengan 2.239 paspor biasa dan 3.697 paspor elektronik.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024