Jakarta (ANTARA) - Akademi Esports resmi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Akademi Garudaku, mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Sports Visitors Program 2024.

Dikutip dari keterangan resmi, Kamis, ini merupakan program pertukaran yang diselenggarakan oleh The U.S Department of State dan North America Scholastic Esports Federation sebagai mitra pelaksana, dengan melibatkan kedutaan besar dan konsulat Amerika Serikat di seluruh dunia.

Undangan khusus berpartisipasi pada Sports Visitors Program 2024 dari The U.S. Department of State kepada Akademi Garudaku bertujuan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang program pembinaan talenta esports secara strategis dan komprehensif, terutama di Indonesia.

Selama berpartisipasi pada Sports Visitors Program 2024, Akademi Garudaku juga berkesempatan mendapatkan pengetahuan tepat guna mengenai manajemen industri olahraga, di antaranya pengelolaan penyelenggaraan kompetisi olahraga, pengembangan keterampilan, kepemimpinan, keterlibatan komunitas dalam pengembangan industri, dan peningkatan inklusivitas dalam industri.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo melihat program ini sebagai bentuk kerja sama yang positif bagi pengembangan kompetensi esports di masing-masing negara.

Bagi PB ESI, pengembangan kompetensi talenta esports, termasuk dari kalangan dunia pendidikan maupun masyarakat umum yang berada di seluruh penjuru tanah air, merupakan bagian kritikal dan terintegrasi dalam desain besar esports nasional yang bermuara pada keberadaan Indonesia sebagai salah satu kekuatan utama esports di kancah internasional.

Baca juga: PB ESI ajak atlet persiapkan diri jelang kejuaraan penting di 2024

US Consulate Public Affairs Officer Joshua Shen meyakini bahwa Sports Visitors Program 2024 dapat menjadikan Indonesia sebagai sentra esports dunia dalam hal pengembangan talenta-talenta muda.

“Esports dapat mempertemukan generasi muda dari berbagai wilayah untuk berkompetisi dengan menjunjung sportivitas tinggi. Kami meyakini bahwa esports dapat memberikan kontribusi besar bagi ekonomi kreatif Indonesia,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Akademi Garudaku Robertus Aditya Pratomo Putro menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Amerika Serikat terkait dengan partisipasi Akademi Garudaku dan peluang pengembangan kerja sama di masa mendatang.

“Harapan kami, Sports Visitors Program 2024 menjadi awal bagi Indonesia dan Amerika Serikat untuk berkolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan talenta-talenta esports di Indonesia,” kata dia.

Program kolaborasi antara Indonesia dengan Amerika Serikat akan diawali dengan program pengembangan esports di 9 American Corner di Indonesia. Ke depan, program tersebut akan diupayakan untuk diimplementasikan dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Harapannya, peserta yang mengikuti program tersebut dapat ikut serta di Liga Esports Nasional Mahasiswa 2024 yang rencananya akan berlangsung pada Maret hingga Mei 2024.


Baca juga: PB ESI fokus pada turnamen nasional dan internasional tahun 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024