Kami segera melakukan pencarian informasi tersebut, mencoba menghubungi beberapa kawan di kecamatan, akan tetapi belum ada informasi getaran apapun
Kotabaru, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyatakan tidak ada laporan dari warga yang merasakan getaran gempa berkekuatan Magnitudo 3,3 meskipun kedalaman cukup dangkal enam kilometer pada Kamis.

Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru Hendra Indrayana saat dikonfirmasi di Kotabaru, Kamis, mengatakan pihaknya langsung menghubungi beberapa tim di kecamatan guna mengkonfirmasi dampak gempa tersebut.

“Kami segera melakukan pencarian informasi tersebut, mencoba menghubungi beberapa kawan di kecamatan, akan tetapi belum ada informasi getaran apapun ” kata Hendra.

Hendra menambahkan pihaknya juga menghubungi salah satu kepala desa di Kecamatan Kepulauan Tengah Kabupaten Kotabaru, namun tidak ada merasakan guncangan.

“Jika ada informasi mengenai gempa tersebut, akan segera kami informasikan lebih lanjut,” ucap Hendra.

Baca juga: BMKG: Gempa dangkal guncang di Kotabaru Kalsel, tak berpotensi tsunami,

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik dengan kekuatan Magnitudo 3,3 guncang wilayah Kabupaten Kotabaru, Kamis.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan Rasmid dalam keterangan yang diterima di Banjarmasin, Kamis, mengatakan gempa tektonik terjadi sekitar pukul 10.28 Wita di darat pada jarak 68 kilometer arah tenggara Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, pada kedalaman enam kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan lokal,” ujarnya.

Ia menyebutkan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Kotabaru dengan intensitas gempa II-III MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah seakan truk berlalu.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi dangkal ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Rasmid menuturkan belum ada laporan yang diterima dari masyarakat terkait kerusakan bangunan akibat gempa.

Baca juga: Masyarakat diimbau waspada, gempa di Tuban terasa hingga ke Kalsel

Pewarta: Taufik Ridwan/Ahsin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024