Jakarta (ANTARA) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN-RI) menemukan harga bahan pokok di Pasar Modern Bintaro Jaya Kota Tangerang Selatan relatif masih stabil menjelang Lebaran.

Saat melakukan kunjungan ke Pasar Modern Bintaro, Rabu (27/3), Wakil Ketua Komisi 2 Komunikasi dan Edukasi BPKN, Ferry Firmawan, mengatakan  harga sembako di pasar tersebut cenderung fluktuatif, tetapi naik turunnya tidak terlalu signifikan.

Menurut dia, penyebab naik dan turunnya harga disebabkan kebutuhan konsumen yang tinggi terhadap sembako.

Ferry menyebut harga kebutuhan bahan pokok seperti beras, daging, ayam, telur, bawang merah dan bawang putih per kilogram naik beberapa persen dari harga sebelumnya.

Namun, harga cabe keriting dan cabe rawit turun dari yang sebelumnya Rp90.000 per kg kini menjadi Rp48.000 per kg.

Baca juga: BPKN-YLKI minta BPOM wajibkan cantum kadar bromat air minum kemasan

“Jadi sampai saat ini harga bahan pokok di Pasar Modern Bintaro masih relatif stabil dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat, dan tentunya kami berharap kestabilan harga bahan pokok ini tidak terganggu hingga lebaran”, katanya, dalam siaran pers BPKN-RI.

Selain mengecek harga bahan pokok, Ferry juga memastikan stok bahan kebutuhan pokok di Pasar Modern Bintaro tercukupi. Ia mendapati stok bahan pokok masih aman, dan berharap akan tercukupi hingga Lebaran.

Meski demikian, ia mengatakan kewaspadaan perlu ditingkatkan pada tujuh hari menjelang Lebaran. Pada periode tersebut, biasanya terjadi lonjakan harga sembako sehingga pemerintah perlu menyiapkan antisipasi untuk mengatasi kenaikan harga tersebut.

BPKN-RI mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu panik jika terjadi kenaikan harga saat menjelang Idul Fitri.

Baca juga: BPKN minta revisi aturan perlindungan konsumen dipercepat

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024