Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalur mudik Lebaran 2024 di Sukabumi, Jawa Barat, yang merupakan jalur utama penghubung Sukabumi-Bogor sudah bebas lubang.

"Hingga saat ini kondisi jalur mudik mulai dari batas Bogor-Sukabumi hingga Jalur Lingkar Selatan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Desa Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, sudah 98 persen tidak berlubang," kata Pengawas Lapangan Kementerian PUPR PPK 2.1 Agus Warso saat ditemui di lokasi, Jumat.

Menurut Warso, hingga saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan jalan dan menyisir jalan sebagai antisipasi jika masih ada jalan yang berlubang.

Perbaikan itu merupakan program pemeliharaan rutin Kementerian PUPR yang dilakukan di ruas Sukabumi-Bogor sepanjang kurang lebih 30 kilometer dari wilayah Cibolang hingga perbatasan Bogor.

Ia juga mengatakan perbaikan jalan juga merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pada musim mudik Lebaran.

Dari hasil pantauan, jumlah lubang di sepanjang ruas jalan Sukabumi-Bogor sudah berkurang drastis, hanya tinggal beberapa saja, yang masih dalam perbaikan.

"Kami pastikan sebelum musim mudik seluruh ruas jalan Sukabumi-Bogor sudah bebas lubang untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat khususnya pemudik yang menggunakan jalur mudik Sukabumi-Bogor," tambahnya.

Warso mengatakan khusus untuk di wilayah Kecamatan Cibadak, jumlah lubang yang masih dalam perbaikan di bawah 10 lubang dan setelah ini pihaknya melakukan penyisiran di wilayah Kecamatan Parungkuda hingga Cicurug atau perbatasan Bogor.

"Perbaikan jalan ini selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman, juga mencegah kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Sukabumi percepat perbaikan jalur mudik menjelang Idul Fitri
Baca juga: Polres Sukabumi pasang puluhan CCTV untuk pantau arus mudik lebaran
Baca juga: Mudik lewat tol Ciawi-Sukabumi, siapkan hal ini

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024