Jakarta (ANTARA) - Sebuah rumah bertingkat di Jalan Kebagusan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dilanda kebakaran pada Sabtu dini hari tepatnya pukul 00.45 WIB.

Kepala Suku Dinas Penanggulanan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Syamsul Huda menjelaskan rumah yang berlokasi di Jalan Kebagusan Raya RT 004/RW 04 Nomor 5, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, itu diduga terbakar akibat arus pendek+korsleting) listrik pada kulkas.

"Objek terbakar rumah tinggal. Situasi selesai pemadaman," kata Syamsul di Jakarta, Sabtu.

Syamsul mengatakan, dalam insiden kebakaran ini, satu orang pria lanjut usia (lansia) bernama Cornelius Agung Dewabrata (59) meninggal dunia.

Insiden kebakaran itu bermula saat anak pemilik rumah tersebut melihat kepulan asap disertai api yang besar saat hendak ke kamar mandi.

Baca juga: Gulkarmat Jakut turunkan 12 unit mobil padamkan api di Tugu Selatan
Baca juga: Dua orang luka akibat kebakaran rumah di Manggarai


Selanjutnya pemilik rumah berteriak minta bantuan warga sekitar, kemudian salah satu warga bernama Soleh menelepon ke kantor Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat.

Tak lama kemudian, anggota pemadam kebakaran (damkar) langsung ke lokasi untuk melakukan pemadaman api.

Untuk menjinakkan api di lokasi dengan luas 65x20=1.300 m2X2 lantai=2.600 meter persegi m2 itu pihaknya mengerahkan total sebanyak 20 unit ditambah penunjang. Sementara jumlah personel yang diturunkan sebanyak 95 orang.

Pemadaman dimulai pukul 00.56 WIB dan selesai pada pukul 03.05 WIB. "Taksiran kerugian dari kejadian ini ditaksir senilai kurang lebih Rp1 miliar," katanya

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024