Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menargetkan penerimaan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) selama Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi sebesar Rp1,4 miliar.

Kepala Baznas Kepri Arusman Yusuf mengatakan target tersebut naik jika dibandingkan dengan capaian pengumpulan ZIS pada bulan Ramadhan tahun 2023 yang sebesar Rp1,1 miliar.

Baca juga: MUI-Baznas gelar Safari Ramadhan libatkan 11 Syekh Palestina

"Kenaikan ini kami pandang realistis, karena setiap tahunnya pengumpulan dana ZIS selalu meningkat," kata Arusman di Tanjungpinang, Sabtu.

Untuk mengejar target itu, Baznas Kepri telah menyiapkan konter-konter pelayanan pembayaran zakat di pusat keramaian, seperti mal, pelabuhan, dan bandara. Hal ini bertujuan memudahkan masyarakat, khususnya Muslim untuk menunaikan kewajiban zakat.

Selain itu, pihaknya juga melayani pembayaran zakat pejabat pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri.

"Kami optimistis target ZIS Rp1,4 dapat tercapai melalui inovasi pelayanan dan sosialisasi masif kepada masyarakat," ujar Arusman.

Dia menyampaikan dana ZIS yang terkumpul selama Ramadhan akan disalurkan kepada mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat.

Sebagian disalurkan untuk bantuan rumah ibadah (masjid) melalui kegiatan safari Ramadhan yang digelar Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran.

"Ada pula acara buka bersama anak yatim piatu serta bantuan sembako kepada warga kurang mampu menjelang Lebaran Idul Fitri," ucapnya.

Arusman mengimbau masyarakat membayar zakat melalui lembaga amil zakat resmi, sehingga penyalurannya benar-benar tepat sasaran.

Baca juga: Baznas Kepri sebut pengumpulan ZIS 2023 capai Rp9,3 miliar

Baca juga: Baznas Kepri salurkan infak kemanusiaan Palestina sebesar Rp3 miliar


Baznas juga memberikan kemudahan membayar zakat secara online menggunakan aplikasi QRIS hingga transfer langsung melalui BRKsyariah ke nomor rekening 821 215 4321, kemudian BSI ke nomor rekening 700 8070 810 atau bisa juga melalui link baznaskepri.org/bayarzakat.

"Kami menggalakkan pembayaran zakat nontunai guna meminimalisasi penyalahgunaan uang zakat umat," kata dia.

Ia mengajak masyarakat membayar zakat fitrah pada akhir puasa Ramadhan. Besaran zakat fitrah Ramadhan tetap sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras per jiwa.

Pewarta: Ogen
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024