Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mendukung peringatan 100 tahun Persatuan Olahraga (POR) Maesa yang akan digelar 21 April.
 
Ia menyambut baik rencana peringatan 100 tahun perkumpulan olahraga yang telah banyak berkontribusi untuk perkembangan olahraga di Indonesia itu.
 
"Kami mendukung. Nanti akan kami jadwalkan untuk bisa hadir di acara peringatan 100 tahun POR Maesa," kata Dito dalam laman Kemenpora RI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa.
 
Ia juga mengapresiasi keberadaan kelompok masyarakat yang memperhatikan bidang olahraga seperti yang dilakukan oleh POR Maesa.
 
Menurut Dito, apa yang dilakukan POR Maesa merupakan inspirasi yang perlu ditiru kelompok-kelompok masyarakat lainnya.
 
Ketua Umum Pengurus Besar POR Maesa Johnny Lumintang yang berkunjung ke Kantor Kemenpora membeberkan organisasi itu merupakan perkumpulan olahraga masyarakat Minahasa yang telah berdiri sejak April 1924.
 
Lebih lanjut dia mengatakan pada tahun ini POR Maesa sudah seabad memberikan kontribusi olahraga di tanah air.
 
Baca juga: Menpora bahas kerja sama olahraga dengan Prancis

"Sejak berdiri, POR Maesa telah membentuk dan melahirkan atlet-atlet berbakat dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Bahkan sejumlah atlet nasional lahir dari POR Maesa," ujar Johnny.
 
Ia menambahkan, peringatan 100 tahun nanti akan digelar 21 April dengan serangkaian kegiatan, di antaranya lomba lari dan jalan santai keluarga.
 
Untuk itu, dia mewakili pengurus lainnya ingin mengundang Menpora Dito guna menghadiri acara tersebut serta memberikan sambutan dalam buku peringatan 100 Tahun POR Maesa.
 
Saat ini POR Maesa telah berkembang dan memiliki kepengurusan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan banyak kegiatan olahraga yang telah diinisiasi POR Maesa meliputi tenis, atletik, catur, hingga bridge.

Baca juga: Menpora apresiasi The Forum Sports Hub geliatkan industri olahraga
Baca juga: Menpora sebut kolaborasi penting untuk tingkatkan olahraga tradisional

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024