Pemerintah melibatkan BSG melalui fitur layanan digital BSGqris sebagai sebuah solusi pembayaran digital terintegrasi.
Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulut dan Gorontalo (BSG) digitalisasi pembayaran retribusi kesehatan untuk menghindari pungutan liar di daerah ini.

"Pemerintah melibatkan BSG melalui fitur layanan digital BSGqris sebagai sebuah solusi pembayaran digital terintegrasi," kata Direktur Pemasaran BSG Pius Batara, di Manado, Rabu.

Pius mengatakan BSGqris menghadirkan cara pembayaran yang lebih mudah, cepat, dan aman bagi pasien yang ingin melakukan pembayaran retribusi kesehatan di RSUD ODSK.

Pasien, katanya pula, dapat menggunakan aplikasi pembayaran digital favorit mereka, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan ShopeePay, untuk melakukan pembayaran dengan scan QR code.

Ia menjelaskan tujuan utama peluncuran BSGqris di RSUD ODSK adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas penerimaan retribusi kesehatan, mempermudah dan mempercepat proses pembayaran bagi pasien.

Tujuan lainnya, katanya lagi, untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan, mendorong penggunaan transaksi nontunai.

BSGqris ini, katanya pula, dapat digunakan untuk pembayaran retribusi kesehatan di kasir umum, IGD, dan poliklinik.

BSGqris berkomitmen untuk mendukung digitalisasi layanan publik di Indonesia, termasuk di bidang kesehatan.

“Kami berharap BSGqris dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, baik bagi RSUD ODSK, pasien, maupun pemerintah daerah. BSGqris akan terus dikembangkan untuk menghadirkan solusi pembayaran digital yang lebih lengkap dan terintegrasi,” ujarnya pula.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) June Silangen menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara RSUD ODSK dan BSG dalam menghadirkan solusi pembayaran digital BSGqris.

“BSGqris merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penerimaan retribusi kesehatan di RSUD ODSK," kata June.

Selain itu, katanya lagi, BSGqris juga akan mempermudah dan mempercepat proses pembayaran bagi pasien, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.
Baca juga: Penyaluran kredit BSG mencapai Rp14,85 triliun
Baca juga: BSG membantu pemkab tingkatkan pembayaran pajak online

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024