"Hindari penggunaan motor khusus pemudik dengan jarak jauh, Karena ini sangat membahayakan, faktor kelelahan dapat menimbulkan kecelakaan lalulintas,"
Tangerang (ANTARA) - Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menghimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik selama periode lebaran tahun ini agar tidak menggunakan motor.

"Hindari penggunaan motor khusus pemudik dengan jarak jauh, Karena ini sangat membahayakan, faktor kelelahan dapat menimbulkan kecelakaan lalulintas," kata Kapolres Kombes Zain usai memimpin apel pasukan operasi ketupat jaya 2024 di Lapangan Mapolres Metro Tangerang Kota, Rabu.

Ia juga berpesan untuk pemudik dapat menjaga stamina fisik,. Jika mengalami kelelahan, pemudik dapat beristirahat di tempat rest area maupun pos pengamanan atau pos pelayanan yang telah disiapkan pemerintah, TNI dan Polri.

"Masyarakat, bila merasa khawatir meninggalkan kendaraan motor di rumah, dan ada potensi kehilangan dapat menitipkan ke kantor-kantor polisi terdekat termasuk kantor Polres Metro Tangerang Kota," katanya.

Lalu Kapolres pun meminta masyarakat yang akan mudik untuk selalu mengikuti informasi terkini terkait perjalanan mudik melalui saluran resmi kementerian perhubungan, jasa marga maupun Kepolisian

"Masyarakat silahkan cek update informasi seputar mudik, agar lebih mengetahui kapan dilakukan rekayasa arus lalulintas, one way, maupun pelaksanaan ganjil genap. Informasi dapat dilihat melalui akun kementerian perhubungan, jasa marga, kepolisian maupun instansi terkait," katanya.

Sementara itu sebanyak 1.416 petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka serta jajaran samping Pokdarkamtimnas dan Senkom disiagkan terkait pengamanan Idul fitri 2024 di Kota Tangerang.

Petugas gabungan akan lebih berkonsentrasi pada jalur arus mudik maupun arus balik Lebaran seperti tol di rest area KM 13, 5 Pinang dan KM 14 Kunciran arah Banten dan Jakarta. Selain itu jalur arteri dan titik keberangkatan seperti Terminal Poris Plawad.

Kemudian Dishub Kota Tangerang telah menyiapkan titik lokasi posko mudik antara lain di Terminal Poris Plawad, CBD Ciledug, Kebon Besar, Robinson, Kebon Nanas, Tang City Mall, Alam Sutera Mall, dan Pertigaan Gajah Tunggal.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024