Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut memaksimalkan pengamanan jalur mudik dengan melakukan berbagai strategi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur nasional yakni mulai dari perbatasan Nagreg, Kabupaten Bandung kemudian Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Untuk jalur nasional ini kita prioritas mulai dari arah Limbangan dari arah Nagreg menuju Malangbong ini merupakan jalur nasional, tentunya kita akan maksimalkan," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha saat gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Markas Polres Garut, Rabu.

Ia menuturkan Kabupaten Garut merupakan daerah yang menjadi salah satu tujuan maupun perlintasan pemudik, sehingga perlu persiapan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan secara maksimal.

Apalagi, lanjut dia, berdasarkan kajian Kementerian Perhubungan diprediksi akan ada lonjakan arus mudik, untuk itu perlu persiapan personel secara gabungan maupun pos pengamanan sepanjang jalur mudik.

"Tentunya kita telah mempersiapkan dengan matang terkait jumlah personel yang nanti akan kita terjunkan, untuk saat ini jumlah personel yang kita libatkan itu sekitar 1.500 personel gabungan," katanya.

Ia menyampaikan pengamanan jalur mudik di wilayah Garut yakni jalur nasional yang melintasi wilayah Limbangan perbatasan dengan Bandung sampai Malangbong perbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, jalur mudik lintas Kadungora-Garut juga sama mendapatkan perhatian untuk pengamanan jalur agar tetap lancar dan aman selama arus mudik maupun balik Lebaran.

"Jadi, kita maksimalkan jalur nasional, namun jalur Kadungora apabila masyarakat ataupun yang akan masuk ke dalam kota kita siapkan rekayasa lalu lintas," katanya.

Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin menyatakan, pemerintah daerah sudah siap untuk membantu kepolisian dalam pengamanan arus mudik dan balik agar berjalan lancar dan tertib.

Upaya yang dilakukan pemerintah daerah, kata dia, di antaranya memperbaiki jalan, menertibkan pasar tumpah agar tidak mengganggu arus lalu lintas, kemudian larangan beroperasi untuk delman di jalur nasional Limbangan-Malangbong.

"Pokoknya jalur nasional kita sudah sepakat dari provinsi sampai kabupaten untuk menyelesaikan jalur-jalur yang mengganggu khususnya delman," katanya.

Baca juga: Panglima: TNI siap personel dan peralatan dukung arus mudik
Baca juga: 314 personel gabungan siap wujudkan mudik aman di Tangsel
Baca juga: Polisi antisipasi peningkatan jumlah pemudik menjelang Idul Fitri

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024