Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap motor Oneprix 2024 akan mulai berekspansi dengan diselenggarakan keluar pulau Jawa.

Oneprix 2024 yang mulai berlangsung pada 27 April mendatang akan diselenggarakan di empat pulau berbeda Indonesia, yakni pulai Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

"Putaran pertama kita selenggarakan di Palopo, putaran kedua tadi juga sudah kita putuskan sekali lagi bahwa putaran kedua akan diselenggarakan di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya, lalu putaran ketiga diselenggarakan di sirkuit Palangka Raya pulau Kalimantan," kata CEO Oneprix Motorsport Manajemen Arlan Perkasa Lukman dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu malam WIB.

"Putaran keempat kita selenggarakan di Sumatera Pulau Sumatera tepatnya di Jambi di sirkuit Sabang dan finalnya ada di Mijen sama dengan final 2023 kemarin," tambahnya.

Baca juga: Hafid Pratama sudahi drama perburuan gelar OnePrix 2023

Oneprix 2024 akan dibuka di Sirkuit Ratona Motor Sport Palopo, Sulawesi Selatan pada 27 hingga 28 April mendatang. Lalu dilanjutkan pada putaran kedua yang berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 11 sampai 12 Mei. Sedangkan putaran ketiga akan berlangsung di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada 6-7 Juli. Putaran keempat akan dilangsungkan di Sirkuit Zabak, Jambi pada 10-11 Agustus. Sirkuit Mijen, Semarang, Jawa Tengah kembali terpilih sebagai sirkuit penutup yang akan dilangsungkan pada 12-13 Oktober.

Arlan mengatakan pada gelaran musim kompetisi kali ini akan lebih menambah daya jual agar semakin meningkatkan perekonomian daerah khususnya UMKM dan mendekatkan diri dengan para fans.

"Di tahun 2024 ini keinginan dari Oneprix ... adalah bangkitkan perekonomian daerah dan juga kita mendekatkan diri dengan para fans sehingga kita tambah pasukan kita untuk bisa mendekatkan diri," kata Arlan.

Baca juga: OnePrix lanjutkan komitmen angkat unsur budaya di setiap putaran

"Kami akan mengusung lokalitas daerah karena sudah ke daerah-daerah, sayang sekali kalau ini tidak dimanfaatkan untuk melihat potensi kekayaan daerah-daerah termasuk membangun perekonomian di daerah. Karena bisa dilihat dari Palangka Raya contohnya, gelaran One Prix 2023 itu bisa menyedot antusiasme 10.000 penonton," tambahnya.

Dalam gelaran Oneprix 2024 ditetapkan aturan baru oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat mengenai peserta. Peserta Oneprix diharuskan mendaftarkan timnya menjadi anggota IMI Pusat dan dianjurkan untuk mendaftarkan timnya ketika sudah berbadan hukum.

Dengan adanya regulasi baru yang ditetapkan IMI, Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) selaku penyelenggara akan menggelar Oneprix 2024 ke dalam tiga kelas yaitu OP 1, OP 2 dan OP 3. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kelas kini dibedakan dengan spesifikasi teknik sepeda motor OnRoad IMI, sementara untuk batasan usia peserta dibebaskan.

​​​​Baca juga: IMI Pusat rilis aturan soal registrasi produk di ajang balap motor

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024