kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahun
Jakarta (ANTARA) - Peserta mudik gratis menggunakan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara berkesempatan mengikuti undian memperebutkan berbagai hadiah menarik mulai dari sepeda motor hingga mesin cuci dari Kementerian Perhubungan, Jumat.

"Ya ini program dari Kementerian Perhubungan. Memang kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahun," kata Kasubdit Sistem Informasi dan Sarana Prasarana Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI, Kurniawan  di Jakarta, Jumat.

Kurniawan mengatakan  hadiah utama untuk arus balik adalah satu unit sepeda motor, masing-masing untuk tanggal 5 dan tanggal 7 April 2024.

"Untuk arus mudik hadiahnya  beragam, mulai dari mesin cuci, handphone, sampai satu unit sepeda motor matik ya. Nanti beda-beda untuk mudik hari ini dan mudik tanggal 7 April," kata Kurniawan.

Sementara itu, untuk arus balik, yakni pada 13 dan 15 April 2024, peserta mudik gratis juga mendapatkan hadiah yang beragam.

"Nanti pas arus balik, tanggal 13 dan 15 April besok juga bakal ada hadiah. Nanti rencananya kita hadiahnya utamanya itu lemari pendingin dua pintu. Itu masing-masing untuk tanggal 13 dan tanggal 15 April," tutur Kurniawan.

Adapun pemberian hadiah tersebut, kata Kurniawan, ditujukan  menambah kesemarakan mudik gratis menggunakan kapal laut dan menarik pemudik yang awalnya hendak mudik lewat jalan darat menggunakan sepeda motor, berpindah ke moda transportasi laut, yakni kapal.

"Jadi ini tujuannya untuk menambah kesemarakan program mudik gratis ini ya, sekalian juga menarik pemudik agar yang mudik pakai sepeda motor berkurang, kan resiko kecelakaan juga itu," kata dia.

Di lokasi, para pemudik yang telah mengambil nomor undian usai tahap verifikasi di luar gedung pelabuhan dipilih secara acak oleh  pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang hadir.

Pemudik yang nomor undiannya disebut nampak bahagia mendapatkan hadiah.

Adapun hadiah utama berupa sepeda motor, dipilih langsung Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam acara melepas peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Baca juga: Kemenhub berangkatkan mudik gratis pakai kapal laut kurangi kepadatan
Baca juga: 200 lebih penumpang berangkat dari Terminal Tanjung Priok H-5 Lebaran
Baca juga: Ratusan sepeda motor diangkut dalam mudik gratis di Pelabuhan Priok


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024