Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih mengemukakan program pengiriman atlet untuk berlatih di Lithuania atau Program Lithuania membuka peluang atlet basket Indonesia untuk bermain di liga asing.

"Yang lebih hebat dari program ini, Lithuania akan mencoba anak-anak ini (tim yang dikirim untuk berlatih di selama enam bulan di Lithuania) untuk debut di divisi 2 atau divisi 3 Lithuania," ujar Danny dalam konferensi pers yang digelar PP Perbasi di Jakarta, Jumat.

Perbasi menghadirkan Program Lithuania berupa pengiriman sebanyak 15 orang atlet basket putra berusia 18 tahun untuk berlatih selama enam bulan di Lithuania yang dimulai pada tahun 2024.

Tujuan program tersebut adalah untuk mengembangkan bakat-bakat atlet basket di Tanah Air menjadi talenta unggul yang ke depan siap membelah Timnas Basket Indonesia dalam berbagai kompetisi kancah mancanegara.

Danny mengatakan, para atlet yang akan dikirim juga akan diberikan kesempatan bermain pada liga divisi 2 atau divisi 3 di Lithuania karena mereka membutuhkan jam terbang.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihak Lithuania membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para atlet agar melanjutkan pendidikan di negara tersebut.

"Saya sudah temui beberapa wali kota (di Lithuania), beberapa universitas yang siap menerima anak-anak ini ketika lulus dan lanjut sekolah di sana," ujarnya.

Baca juga: Perbasi siapkan 15 atlet muda jalani latihan enam bulan di Lithuania

Selain itu, kata dia, pelatih-pelatih dari Indonesia yang akan mendampingi tim dalam Program Lithuania juga diizinkan untuk kuliah di sana untuk menjadi sarjana olahraga bola basket.

"Jadi ini kerja sama yang cukup bagus untuk kita karena mereka akan memperhatikan tidak hanya latihan atlet namun juga sekolahnya," ujarnya.

Danny berharap Program Lithuania ini berjalan tanpa hambatan hingga para atlet menjadi matang pada saatnya yang diharapkan dapat menjadi generasi Timnas Basket Indonesia yang tangguh dan berprestasi.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad pemain muda untuk kejuaraan di 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024