Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada pemudik...
Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor Polres Lampung Selatan, Polda Lampung, melakukan pengawalan terhadap ratusan pemudik motor yang turun di Pelabuhan Bakauheni, dari Pelabuhan Ciwandan, Banten hingga sampai daerah tujuan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pengawalan terhadap ratusan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua tersebut dilakukan pada malam hingga dini hari pukul 03.30 WIB.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP R Manggala Agung, di Bakauheni, Sabtu mengatakan, kegiatan pengawalan terhadap pemudik yang menggunakan sepeda motor tersebut akan dikawal secara estafed hingga sampai daerah tujuan.

"Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada pemudik, termasuk para pengendara sepeda motor, agar mereka dapat sampai ke tujuan dengan selamat," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa pada pengawalan yang dilakukan ini guna menjamin keamanan dan kelancaran serta tidak ada gangguan yang dialami para pemudik hingga sampai di tujuan.

Menurutnya, pengawalan motor mudik ini dilakukan sebagai bagian dari langkah preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan dan tindak kriminal selama masa arus mudik Idul Fitri tahun 2024.

Suasana saat ratusan pemudik motor dikawal petugas Polres Lampung Selatan, sabtu (6/4/2024) dini hari. ANTARA/Riadi Gunawan/am.

"Setelah pemudik turun dari Kapal, pemudik roda dua dikoordinir dikumpulkan terlebih dahulu, apabila sudah siap, maka perjalanan akan dilanjutkan dengan pengawalan," katanya.

Dia melanjutkan bahwa nantinya setelah para pemudik motor ini dikawal hingga perbatasan, akan dilakukan estafet pengawalan oleh petugas yang berjaga di posko-posko perbatasan.

Pengawalan pada malam hari, kata dia agar pemudik merasa aman dan nyaman saat melintas di jalan lintas sumatra lintas tengah dan timur hingga sampai tujuan.

Untuk diketahui kepolisian resor Polres Lampung Selatan menyiapkan 82 personil dengan didukung 5 kendaraan mobil patroli dan 15 kendaraan roda dua untuk melakukan pengawalan selama arus mudik 2024.

Baca juga: Aktivitas di Pelabuhan Bakauheni ramai lancar pada H-5 Lebaran 2024
Baca juga: Pelabuhan Bakauheni Lampung mulai dipadati pemudik

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024