Fasilitas yang ada di pelabuhan dioptimalkan, sumber daya manusia ditingkatkan dan solusi logistik terbaru diterapkan....
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan kegiatan kepelabuhanan sepenuhnya berjalan optimal selama periode libur Lebaran 2024 atau 8 hingga 15 April.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan momentum libur panjang tersebut berpotensi mendorong peningkatan pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan lewat jalur laut.

"Fasilitas yang ada di pelabuhan dioptimalkan, sumber daya manusia ditingkatkan dan solusi logistik terbaru diterapkan untuk memastikan kegiatan layanan di seluruh wilayah operasional Pelindo berjalan lancar," kata Ardhy dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Pelindo dukung layanan mudik lebaran 2024 di Merak dan Ciwandan

Memasuki H-6  Lebaran 2024 atau Kamis (4/4), Pelindo mencatat jumlah pemudik yang menggunakan layanan terminal penumpang mencapai 546.261 pemudik. Terminal penumpang tersibuk, yaitu Terminal Tanjung Perak, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Makassar, dan Ambon.

"Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, ruang tidur penumpang, mushala, toilet, ruang laktasi, dan personel keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat, dan lancar" ujar Ardhy.

Pada sisi arus kendaraan, Tanjung Perak menjadi yang paling sibuk dengan arus kendaraan sebanyak 12.254 unit, disusul Lembar dengan 7.958 unit kendaraan, dan Banten dengan 5.794 unit kendaraan.

Pelindo juga memastikan standar layanan yang sama telah diterapkan dengan penerapan sistem dan aplikasi digital.

"Di sisi laut tersedia aplikasi Phinnisi yang terintegrasi dengan portal Inaportnet Kementerian Perhubungan, sedangkan di sisi darat (terminal) tersedia aplikasi TOS (Terminal Operating System) Nusantara dan PTOS-M (Pelindo terminal operating system multipurpose)," kata Ardhy.


Baca juga: Pelindo edukasi nelayan di Benoa Bali untuk wisata taksi air
Ia menjamin sesuai dengan tema mudik Idul Fitri 2024, yakni "Mudik Ceria, Penuh Makna", Pelindo berkomitmen memberikan layanan 24/7 (24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu).

"Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder kepelabuhanan terus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa," tuturnya.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024