SEA Games sudah dekat, atlet sudah harus fokus tentang mental bertanding dengan latihan taktik dan strategi, bukan fokus ke fisik lagi,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman mengingatkan kepada atlet pelatnas SEA Games 2013 Myanmar agar fokus pada mental bertanding.

"SEA Games sudah dekat, atlet sudah harus fokus tentang mental bertanding dengan latihan taktik dan strategi, bukan fokus ke fisik lagi," kata Ketua Umum KONI Pusat ketika meninjau pelatnas cabang silat di Padepokan Silat, TMII dan cabang taekwondo di GOR POPKi, Cibubur, Rabu.

"Namun stamina atlet harus tetap terjaga, dan saya minta atlet menampilkan yang terbaik, artinya bukan hanya medali saja tapi harus sadar membawa Merah-Putih," tambah Tono Suratman.

Sementara disinggung tentang "try out" atlet pelatnas, Tono Suratman mengakui rata-rata cabang kurang menjalani latih tanding.

"Pada dasarnya atlet sudah siap tanding, meskipun mereka masih kurang banyak melakukan latih tanding di luar negeri," katanya.

Pada peninjauan KONI Pusat ke dua cabang pelatnas itu, Tono Suratman menyempatkan untuk sedikit berdialog dengan beberapa atlet pelatnas.

Dikatakan Tono, atlet memiliki keterbatasan usia untuk bisa terus fit bertanding.

"Mereka paling hanya memiliki kesempatan empat hingga lima tahun, maka dari itu kesempatan bertanding di multi event semacam SEA Games nanti harus benar-benar mereka manfaatkan," katanya.

Sementara itu pelatih cabang silat Indo Catur yang berada di pelatnas mengatakan, kali ini atlet pelatnas hanya menjalani simulasi "shadow training".

"Latihan ini kami maksudkan agar atlet tidak cedera karena tidak lama lagi mereka akan tanding di SEA Games Myanmar," kata pelatih silat pelatnas itu.

"Performa anak-anak bagus, terutama asupan gizi mereka," katanya.

Cabang silat akan menurunkan 14 atlet putra dan putri pada SEA Games Myanmar nanti.

"Target kami juara umum, tapi kami harus mewaspadai Vietnam, Malaysia dan tuan rumah Myanmar sebagai pesaing," tambahnya.

Sedangkan pelatih cabang taekwondo Bambang Widjanarko mengakui ada sebagian kecil yang perlu diasah pada atlet.

"Sekarang ini simulasi teknik dan taktik, namun kami akan sedikit memoles untuk teknik "blocking" dan akurasi, di dua itu mereka belum sempurna," kata Bambang Widjanarko.

Cabang taekwondo akan menurunkan enam atlet putra dan enam putri pada SEA Games Myanmar. (A020/A016)

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013