Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora dalam sepekan masih menarik untuk kembali disimak pada Minggu, mulai dari BPOM mendeteksi senyawa terlarang pada takjil hingga kuota nasional jamaah haji reguler sudah terpenuhi, yakni sebanyak 213.320 orang.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
 
BPOM deteksi senyawa terlarang pada pangan takjil
 
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih mendeteksi kandungan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan konsumen pada sejumlah sampel pangan olahan untuk menu takjil yang beredar di pasaran pada Ramadhan 2024.
 
Plt Kepala BPOM Lucia Rizka Andalusia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (1/4), mengatakan dari 9.262 sampel yang diperiksa, sebanyak 102 sampel (1,1%) mengandung bahan yang dilarang berdasarkan lebih dari satu parameter uji.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Basarnas sisir Sungai Musi cari satu korban ledakan kapal jukung
 
Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) mengerahkan tim sisir untuk mencari satu korban akibat ledakan kapal jukung di Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan.
 
"Pencarian satu korban akibat ledakan kapal jukung kami lakukan dengan menyisiri Sungai Musi," kata Kepala Kantor Basarnas Palembang Raymond Konstantin dikonfirmasi, Selasa (2/4).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Keluarkan edaran, KLHK imbau pelaksanaan mudik dan Lebaran minim sampah
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengeluarkan edaran untuk memastikan penanganan sampah dengan cara mewujudkan mudik minim sampah pada jalur arus mudik serta saat Lebaran 2024.
 
Dikutip dari Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta, Selasa (2/4), Menteri LHK Siti Nurbaya meminta kepala daerah mengimbau, memfasilitasi dan mengawasi penanganan sampah pada pelaksanaan mudik minim sampah terutama pada jalur arus mudik dan daerah penyangga serta saat Lebaran.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
BMKG: Bibit siklon 96S kuatkan potensi cuaca ekstrem pada arus mudik
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi terjadinya cuaca ekstrem selama arus perjalanan mudik Idul Fitri 2024 di wilayah Jawa Timur hingga beberapa daerah di Indonesia bagian timur meningkat seiring timbulnya keberadaan bibit siklon 96S.
 
“Bibit siklon 96S tersebut teridentifikasi timbul berpusat di sekitar Laut Sawu,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto saat dikonfirmasi dari Karawang, Jawa Barat, Kamis (4/4).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Kemenag: Kuota jamaah reguler terpenuhi, capai 213.320 orang
 
Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab mengatakan kuota nasional jamaah haji reguler sudah terpenuhi yaitu sebanyak 213.320 orang.
 
“Alhamdulillah, kuota jamaah haji reguler pada penutupan proses pelunasan 5 April 2024 sudah terpenuhi,” kata Saiful Mujab dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/4).
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024