Jakarta (ANTARA) - Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) mengirim atlet dayung tim rowing untuk mengejar tiket berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 melalui kejuaraan kualifikasi di Ching Ju, Korea Selatan.

"Tim rowing sudah diberangkatkan menuju Ching Ju, Korea Selatan untuk kualifikasi Olimpiade," kata Sekjen Pengurus Besar PODSI Edy Suyono ketika dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan atlet yang dikirim, yaitu La Memo untuk nomor M1X, Julianto untuk nomor W1X, Ardi dan Kakan Kusmana untuk nomor LM2X, serta Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri untuk nomor LW2C.

Para atlet, kata dia, sudah diberangkatkan lebih awal ke Ching Ju pada 3 April untuk melakukan adaptasi sekaligus traning camp sebelum mengikuti kejuaraan yang akan berlangsung pada 18-21 April.

Ia mengatakan, para atlet telah menjalani persiapan melalui latihan yang cukup maksimal untuk mengejar tiket berkompetisi di Olimpiade Paris.

Edy menjelaskan, selain kejuaraan di Korea Selatan, masih ada kesempatan bagi tim rowing untuk mengejar tiket Olimpiade dengan mengikuti kejuaraan di Swiss pada Mei.

"Di Swiss kami mengikuti beberapa nomor lomba yaitu M2-, M2X, dan MX4," ujarnya.

Baca juga: PODSI siapkan 24 atlet dayung kejar target lolos kualifikasi Olimpiade

Edy meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia agar tim rowing mampu mempersembahkan hasil terbaik dalam kualifikasi sehingga bisa tampil pada ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia yang tahun ini digelar di Paris.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mencatat, hingga saat ini sebanyak sembilan atlet Indonesia sudah dipastikan lolos untuk berkompetisi di Olimpiade Paris yaitu atlet angkat besi Eko Yuli Irawan dan Rizky Juniansyah, atlet panahan Arif Dwi Pangestu serta Diananda Choirunisa.

Selain itu, atlet panjat tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono, atlet senam Rifda Irfanaluthfi, atlet menembak Fathur Gustafian, dan atlet selancar Rio Waida.

Baca juga: Kemenpora kucurkan dana Rp19,8 miliar untuk Perbakin dan PODSI
Baca juga: Kemenpora dukung penuh persiapan Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024