Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Cakung menggencarkan patroli terhadap rumah kosong di daerah itu karena ditinggal oleh pemiliknya untuk mudik saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ini sebagai upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat, khususnya yang rumahnya ditinggal mudik Lebaran. Kegiatan patroli akan terus kita lakukan agar tidak ada tindak kejahatan," kata Kapolsek Cakung Kompol Panji Ali Chandra dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Pada kegiatan patroli rumah kosong, Kapolsek Cakung beserta jajaran melakukan pengecekan ke setiap rumah yang berada di Perumahan Metland, Kelurahan Ujung Menteng, pada Senin (8/4).

"Pengecekan dilakukan untuk memastikan rumah warga yang ditinggal mudik dalam kondisi aman," kata Panji.

Dalam patroli itu, Polsek Cakung melibatkan pengurus RT dan RW serta petugas keamanan perumahan (Satpam) dengan berjalan kaki berkeliling mengecek rumah yang kosong.

Baca juga: Polisi patroli rumah kosong yang tinggal mudik warga Jakut

"Mari bersama tingkatkan pengamanan dan kewaspadaan di lingkungan untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan," ucapnya.

Dia mengimbau kepada warga yang akan mudik agar melaporkan ke pihak pengurus lingkungan (RT/RW) setempat.

"Saya minta Satpam agar menerapkan wajib lapor bagi tamu atau pendatang yang tidak dikenal. Langsung koordinasi dengan dengan Bhabinkamtibmas apabila menemukan suatu tindak pidana," ujarnya.

Panji juga mengingatkan agar pagar dan pintu dikunci dengan benar serta peralatan elektronik dimatikan atau dicabut untuk mengantisipasi kebakaran.

Polsek Cakung akan melakukan patroli rumah kosong secara rutin pada jam-jam rawan.

Baca juga: Polisi lakukan patroli untuk cegah pencurian di rumah kosong

"Bila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera hubungi 'Call Center' Polsek Cakung 081211888686 atau 'hotline' 110," kata Panji.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024