Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menghimbau kepada para pemilir yang hendak menyeberang dari Sumatera ke Jawa memastikan telah memiliki tiket penyeberangan saat arus balik Lebaran 2024.

"Pada arus balik kami bersama stakeholder terkait bakal menerapkan strategi screening untuk pemudik selama periode arus balik Lebaran," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, di Mapolda Lampung, Jumat.

Umi menjelaskan secara teknis, kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mengarah ke Pelabuhan Bakauheni, akan dilakukan screening mulai dari titik rest area KM 87 B, 59 B, dan 20 B.

"Kemudian para pengendara diarahkan ke kantong-kantong parkir pada titik-titik tersebut. Lalu selama proses screening petugas akan mengecek kepemilikan tiket terhadap masing-masing pemudik," kata dia.

Baca juga: Menhub: Persiapan arus balik agar dapat dilaksanakan dengan cermat

Selanjutnya, bagi pengemudi yang telah memiliki tiket akan diberikan stiker warna hijau untuk naik ke kapal di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan bagi pengemudi memiliki tiket dengan tujuan ke Pelabuhan BBJ akan diberikan stiker warna kuning.

"Untuk pengemudi yang tidak menggunakan jasa Pelabuhan Bakauheni dan BBJ akan diberikan stiker warna merah," kata dia.

Dia pun mengatakan bahwa pengemudi yang akan menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan BBJ, namun belum memiliki tiket akan disediakan loket ferizy di rest area - rest area tempat screening dilakukan.

"Jadi pengemudi kendaraan roda empat di rest area bisa melanjutkan perjalanannya ke pelabuhan yang dituju maksimal 30 menit, setelah dilakukan screening. Kami imbau sekali lagi agar pemilir memastikan tiket sudah terbeli saat berkendara pada arus balik baik akan ke Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ)," kata dia.

Baca juga: Jalur fungsional Tol Jogja-Solo dibuka untuk lancarkan arus balik

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024