kebanyakan penumpang itu berasal dari Pulau Jawa
Jakarta (ANTARA) - Bandara Halim Perdana Kusuma memperkirakan puncak arus balik di bandara tersebut terjadi pada H+3 hingga H+4 Lebaran 1445 H, atau 14-15 April 2024.

"Kemungkinan hari ini dan besok paling banyak (jumlah penumpang)," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Perkiraan puncak arus balik itu disampaikan setelah memperkirakan kemungkinan lonjakan penumpang sebesar 40 persen per hari ini, Minggu, 14 April 2024, dibandingkan dengan hari biasa.

Nadia memperkirakan pada H+3 Lebaran hari ini terdapat peningkatan menjadi 8-9 ribu penumpang atau sekitar 40 persen dibandingkan dengan 4-5 ribu penumpang pada hari biasa.

Baca juga: Ratusan penumpang kembali ke daerah via Bandara Halim pada H+3 Lebaran
Baca juga: Kemenhub ramp check pesawat angkutan Lebaran 150 kali di Kualanamu


Sementara itu, Nadia juga mengatakan total 13.800 orang tercatat telah datang melalui bandara tersebut selama arus balik Lebaran 2024.

Dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, Nadia memperkirakan terdapat juga peningkatan jumlah penumpang sebesar 20 persen.

Adapun terkait kedatangan tersebut, Nadia mengatakan tidak bisa memastikan mereka datang dari mana saja karena dirinya belum mendapat laporan data secara komersial maupun operasional.

"Kami tidak bisa memastikan pastinya karena saya belum dapat data dari komersial maupun operasional. Tapi, sepertinya rute favoritnya itu ada di Surabaya, Kualanamu, Palembang dan Semarang," kata dia.

"Sepertinya kebanyakan penumpang itu berasal dari Pulau Jawa," kata dia lebih lanjut.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai mulai alami lonjakan keberangkatan domestik
Baca juga: Puncak arus balik di Bandara Depati Amir Pangkalpinang H+4 Lebaran
Baca juga: AP I catat pengguna jasa penerbangan di YIA sebanyak 11.086 orang

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024