mayoritas pasien didiagnosa common cold (infeksi hidung dan tenggorokan), dyspepsia (gangguan pencernaan), dan hipertensi
Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kecamatan Tanah Abang mendapat kunjungan 1.428 pasien selama libur dan cuti bersama Lebaran 1445 Hijriah yang dihitung mulai H-4 hingga H+3.
 
"Kunjungan per hari rata-rata 204 pasien," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Ovi Norviana saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Ovi menyebut mayoritas pasien didiagnosa common cold (infeksi hidung dan tenggorokan), dyspepsia (gangguan pencernaan), dan hipertensi.
 
Ovi menjelaskan layanan yang tetap disiagakan puskesmas kecamatan selama cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah meliputi layanan 24 jam dan ruang bersalin.

Sedangkan layanan di puskesmas pembantu hanya berlaku pelayanan umum mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.
 
"Kami juga membuka pelayanan di puskesmas kecamatan pada hari H dan H+1 Idul Fitri," ujar Ovi.
 
Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat memastikan pos pelayanan kesehatan selama libur Lebaran mulai dari kecamatan, terminal, hingga stasiun tetap optimal hingga 16 April 2024.
 
"Pelayanan kesehatan selama libur Lebaran sesuai pemberitahuan (masih berjalan)," katanya Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Pusat Rismasari saat dihubungi di Jakarta.
 
Puskesmas dan Pusat Krisis Dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) DKI Jakarta melaksanakan pelayanan pada Pos Pelayanan Kesehatan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada 5 April sampai 16 April 2024.
 
Risma memastikan Dinas Kesehatan Provinsi bersama Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat terus melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas di wilayah Jakarta Pusat selama libur nasional dan cuti bersama tahun 2024.
Baca juga: Pelayanan puskesmas dan IGD di Jaksel tetap buka di hari libur Lebaran
Baca juga: Jangan sembarang gunakan antibiotik saat alami flu singapura
Baca juga: DKI siapkan faskes jiwa bagi peserta pemilu di puluhan Puskesmas-RSUD

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024