Saat asyik bermain dan berenang korban yang lepas dari pantauan kedua saudaranya
Palembang (ANTARA) -
Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Palembang, Sumatera Selatan melakukan pencarian seorang bocah (5) tahun yang tenggelam di Sungai Kikim, Kabupaten Lahat, Sumsel.
 
Kepala Kantor Basarnas Palembang Raymond Konstantin saat dikonfirmasi, Senin, mengatakan bahwa Afifah (5) bocah perempuan warga Desa Sukarame, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat yang hanyut dan tenggelam terbawa derasnya arus Sungai Kikim pada Minggu (14/04) kemarin.
 
Berbekal informasi tersebut pihaknya langsung merespons dengan memerintahkan satu team Rescue nya yang berada di unit siaga SAR Lubuk Linggau, lengkap dengan peralatan SAR air untuk berangkat menuju lokasi kejadian guna melakukan pencarian terhadap korban.
 
Kejadian berawal saat korban bersama kakak perempuannya Seril (10) dan Rani (9) sepupunya, asik bermain dan berenang di pinggir Sungai Kikim.
 
"Saat asyik bermain dan berenang korban yang lepas dari pantauan kedua saudaranya tersebut tiba-tiba hanyut terbawa derasnya arus sungai sehingga mengakibatkan korban tenggelam," katanya.

Baca juga: Tim SAR temukan balita terjatuh hilang di Sungai Berbak
Baca juga: Tim SAR evakuasi perahu tenggelam akibat tabrakan di Sebatik 
 
Ia menambahkan hari ini merupakan pencarian pencarian hari kedua, dimana untuk proses pencarian sudah di mulai sejak pukul 07.00 WIB bersama dengan Team SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Palembang Unit Siaga SAR Lubuk Linggau, BPBD Lahat, Koramil, Polsek dan masyarakat.
 
Pencarian dilakukan dengan membagi Team SAR gabungan menjadi dua (2) SRU. SRU 1 melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet, dan perahu-perahu masyarakat serta melakukan circle (ombak buatan) di tempat-tempat yang dicurigai adanya korban.
 
Sedangkan SRU 2 jika dimungkinkan akan melakukan penyelaman di lokasi awal kejadian serta lokasi-lokasi yang dicurigai adanya korban.
 
"Semoga dengan berbagai upaya yang kita lakukan ini, korban dapat segera ditemukan," tutupnya.

Baca juga: Seorang bocah tenggelam di Kali Sunter saat berenang 
Baca juga: Bocah tewas tenggelam saat berenang di Sungai Pamarayan
Baca juga: Jenazah balita yang tenggelam di Ciliwung ditemukan

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024