Posko terpadu angkutan laut 2024 di pelabuhan masih kami buka hingga 26 April 2024, agar pelayanan arus balik tetap maksimal.
Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin mengatakan pihak operator kapal menambah armada pada Rabu (17/4) atau H+7 Idul Fitri 1445 Hijriah untuk mengantisipasi lonjakan pemilir dengan rute Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin.

Kepala Seksi (Kasi) Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kelas I Banjarmasin Isak Luhukay, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin, mengatakan hingga H+6 Lebaran, hanya ada satu kapal per hari yang digunakan sehingga perlu tambahan untuk mengantisipasi jumlah pemilir yang diperkirakan masih ada belasan ribu belum kembali ke Kalimantan.

“Pada H+7 Lebaran ada tambahan satu kapal untuk mengangkut pemilir. Meskipun hari ini sudah puncak arus balik karena jumlah pemilir sudah mencapai 2.000 orang, tetapi perlu langkah antisipasi mana kala terjadi lonjakan penumpang dalam sepekan dari Pulau Jawa,” ujarnya.

Isak menyebutkan ada lima unit kapal roro yang digunakan secara bergantian selama arus mudik dan balik, di antaranya KM Dharma Kartika II, KM Dharma Rucitra, KM Mila Utama, KM Haida, dan KM Niki Sejahtera.

“Rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan tujuan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sudah melayani angkutan arus balik mulai pada Minggu (14/4). Hari ini adalah hari kedua arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, dan jumlah pemilir meningkat 23,69 persen dibanding kemarin,” ujar dia lagi.

Ia menjelaskan pada H+1 hingga H+6 Lebaran, layanan angkutan laut yang beroperasi hanya operator kapal dari PT Dharma Lautan Utama (DLU), sehingga hanya mengoperasikan satu armada per harinya.

Pada H+7 Lebaran, kata dia pula, operator kapal dari PT Berlian Lautan Sejahtera dan PT Timur Mila Utama akan kembali mengoperasikan angkutan kapal untuk melayani para pemilir dari Pulau Jawa ke Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin.

“Posko terpadu angkutan laut 2024 di pelabuhan masih kami buka hingga 26 April 2024, agar pelayanan arus balik tetap maksimal,” ujar Isak selaku Ketua Posko Angkutan Laut Lebaran 2024 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
Baca juga: KSOP Banjarmasin catat 15.721 pemudik sudah berangkat ke pulau )awa
Baca juga: KSOP: Puncak arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Senin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024