Karawang (ANTARA) - Para pemudik yang akan balik ke arah Jakarta dan sekitarnya "menyemut" di sepanjang jalur Pantura hingga jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Senin siang hingga malam.

"Sejak di jalur Pantura wilayah Subang sampai Karawang sangat padat," kata Okta, salah seorang pemilir bermotor dari Cirebon yang akan balik ke Tangerang, saat ditemui di wilayah Karawang, Senin.

Ia mengaku sempat mengalami kemacetan di sejumlah titik sepanjang jalur Pantura Subang hingga wilayah Karawang. Rata-rata titik kemacetan terjadi di titik menjelang dan setelah SPBU.

Selain itu, kemacetan juga terjadi di wilayah simpang Jomin serta di wilayah Cikampek, Klari, hingga pertigaan arah gerbang Tol Karawang Timur.

Akibat kemacetan itu, para pengendara motor harus berjibaku dengan kendaraan roda empat. Bahkan sesekali mereka harus keluar jalur hingga melewati trotoar demi bisa terus berjalan.

Baca juga: Puncak arus balik Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini

Di hampir seluruh SPBU di jalur arus balik wilayah Karawang terpantau dipadati pengendara sepeda motor. Selain mengisi bensin, mereka juga banyak yang memanfaatkan area SPBU sebagai tempat istirahat.

Iring-iringan pengendara sepeda motor yang membawa cukup banyak barang bawaannya itu tidak putus-putus di sepanjang jalur Pantura hingga jalan arteri Karawang.

Aparat kepolisian dari jajaran Polres Karawang terlihat melakukan pengaturan arus lalu lintas di titik ruas jalan yang tersendat.

Selain di jalan Pantura hingga jalan arteri Karawang, kemacetan juga terjadi di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, meski petugas telah menerapkan contra flow.

Kendaraan pribadi mendominasi kendaraan yang yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin ini.

Baca juga: Pemilir di Pelabuhan Bakauheni landai pada Senin malam

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024