Banjarmasin (ANTARA) - Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV pada 2024 di Kalimantan Selatan bakal dihadiri 4.000 orang dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh provinsi di Indonesia.

"4.000 orang ini sudah termasuk atlet dan tim ofisial," kata Ketua PWI Kalimantan Selatan  Zainal Helmi di Banjarmasin pada Selasa.

Tuan rumah Kalimantan Selatan telah menyiapkan 2.000 kamar di puluhan hotel di Banjarmasin sebagai tempat menginap para peserta Porwanas.

Helmi mengaku persiapan Porwanas yang akan digelar dari 19 sampai 26 Agustus itu  terus dilakukan oleh tim yang dikomandoi  Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalimantan Selatan.

Selain lokasi pertandingan untuk 12 cabang olahraga, tuan rumah juga menyiapkan jamuan terbaik untuk seluruh kontingen, termasuk sejumlah objek wisata yang bisa dikunjungi para peserta.

Tuan rumah juga mengadakan lomba karya jurnalistik dengan mengangkat tema Geopark Meratus yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Indonesia pada 2018 dan kini dalam penilaian menjadi UNESCO Global Geopark.

"Sebagaimana pesan Gubernur (Kalimantan Selatan) Sahbirin Noor pada Porwanas kali ini wartawan seluruh Indonesia bisa mengenal Geopark Meratus dan bisa mengabadikannya lewat karya jurnalistik," kata Helmi.

Porwanas tahun ini mempertandingkan 12 cabang olahraga, yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, domino, e-Sport, tenis lapangan dan balogo.

Baca juga: Ketum PWI: Gelora Paman Birin cukup megah untuk pembukaan Porwanas
 

Pewarta: Firman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024