Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, sejak 2023 hingga 2024 memperbaiki sebanyak 114 rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tersebar di sembilan kecamatan.

"Jadi, selama dua tahun kami memprogramkan untuk bedah rumah warga yang berpenghasilan rendah," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Barito Utara Fery Kusmiadi di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, perbaikan rumah tidak layak huni atau RTLH ini pada 2023 sebanyak 72 unit terdiri atas delapan rumah per kecamatan.

Baca juga: Pemprov Kalsel perbaiki 865 rumah tidak layak huni pada 2024

Pada 2024, kata dia, melalui Bidang Perumahan Rakyat melaksanakan perbaikan RTLH bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di tujuh kecamatan se-Barito Utara

"Tahun ini penanganan RTLH di tujuh dari sembilan kecamatan di antaranya rumah di Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Baru, Teweh Selatan, Teweh Timur, Lahei, Lahei Barat, dan Gunung Timang sebanyak 42 unit dengan enam rumah per kecamatan," kata dia didampingi Kabid Perumahan Rakyat Adenan Halil.

Fery mengatakan, pembangunan RTLH ini dalam rangka peningkatan kualitas kehidupan masyarakat berpenghasilan rendah dengan memiliki bangunan baru rumah layak huni (RLH) dengan anggaran pada 2023 sebesar Rp25 juta per unit melalui sistem kontraktual dengan sumber dana atau anggaran dari APBD Kabupaten Barito Utara.

Baca juga: Pemkab OKU targetkan bedah 70 rumah tidak layak huni pada 2024

"Perbaikan RTLH ini terdiri atas peningkatan kualitas dan pembangunan baru RLH (rumah layak huni) dengan anggaran pada 2024 meningkat dari tahun sebelumnya menjadi Rp30 juta per unit rumah dan tetap melalui sistem kontraktual," ujar dia.

Dia menambahkan, untuk rencana pada 2025 berdasarkan hasil konsultasi dan koordinasi Dinas Perkimtan Barito Utara dengan Kementerian PUPR melalui Balai Penyediaan Perumahan Kalteng bahwa Barito Utara melalui pihaknya akan mendapatkan bantuan pembangunan rumah susun (rusun) untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca juga: Pemkab Madiun salurkan bansos perbaikan 550 RTLH turunkan kemiskinan

"Dalam pembangunan rusun satu tower ini terdiri atas tiga lantai dengan 42 unit kamar tipe 36 yang berlokasi di tanah Pemerintah Kabupaten Barito Utara terletak di Jalan Pendreh-Lingkar Kota," kata Fery Kusmiadi
 

Pewarta: Kasriadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024