Kami harapkan seleksi ini berjalan dengan baik dan profesional sehingga yang terpilih nanti benar-benar putra-putri terbaik yang dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab
Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Kota Jakarta Timur Kusmanto menyebut pelatihan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) dapat meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan siswa.

Terkait hal itu Kusmanto berpesan agar siswa yang mengikuti tahapan seleksi  Paskiraka 2024 untuk mengikuti kegiatan dengan penuh rasa tanggungjawab.

"Kami harapkan seleksi ini berjalan dengan baik dan profesional sehingga yang terpilih nanti benar-benar putra-putri terbaik yang dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab," kata Kusmanto saat menyampaikan pesan kepada siswa yang mengikuti proses seleksi Paskibraka 2024 untuk tingkat Jakarta Timur, Minggu.

Sebanyak 652 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terbaik se-Jakarta Timur mengikuti seleksi paskibraka yang dibuka secara resmi oleh Kusmanto pada hari ini di Kantor Wali Kota Jaktim, Cakung.
 
Kusmanto berharap agar peserta dapat mengikuti tahapan seleksi dengan baik untuk menambah menambah wawasan kebangsaan.
 
Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur, Handoko Murhestriarso menjelaskan pembukaan yang ditandai dengan apel Paskibraka 2024 Kota Jakarta Timur ini merupakan rangkaian tahap keempat dalam seleksi paskibraka.
 
Sebelumnya, dari 1.100 peserta didik terdaftar yang nantinya akan diambil 32 pasang atau 64 pria dan wanita termasuk akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi DKI Jakarta.
 
Dia meminta kepada tim seleksi dapat memberikan penilaian yang obyektif.
 
"Yang terpilih pastinya mempunyai keterampilan baris-berbaris yang baik, perilaku yang baik, kesehatannya baik, serta yang kita pilih nanti punya mental bagus, karena nantinya mereka menjadi generasi terdepan dari paskibraka," ujarnya.
 
Salah satu peserta seleksi paskibraka dari SMAN 39 Jakarta, Syaikhu Arfananda mengaku senang dapat mengikuti seleksi Paskibraka 2024 Kota Jakarta Timur.
 
"Ini merupakan pengalaman pertama, dan akan terus berjuang dan persiapkan mental kesehatan dan kemampuan keterampilan juga wawasan," ucapnya.
Baca juga: Pemkot Jakpus luncurkan sosialisasikan paskibraka tingkat kota 2024
Baca juga: 480 pelajar SMA di Jakarta Selatan ikuti seleksi paskibraka
Baca juga: Presiden Jokowi angkat Lilly Wenda jadi anak? Simak faktanya

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024