Terkadang perlu memasang Rooney di depan dan Kagawa di belakangnya. Ini merupakan alternatif jika Rooney atau van Persie cedera
Leverkusen (ANTARA News) - Kemenangan Manchester United atas Bayer Leverkusen membuktikan bahwa juara Liga Inggris (Premier League) musim lalu itu ternyata bukan jago kandang.

Manchester United (MU) menggondol satu tiket di 16 besar Liga Champions setelah menghajar Bayer Leverkusen lima gol tanpa balas pada matchday kelima Grup A di Stadion Bay Arena, Rabu atau Kamis (28/11/2013) dini hari WIB.

Pasukan Manchester United benar-benar menghidupi mental juara. Ini lantaran, siapa yang tidak bergidik datang sebagai tim tamu dan bertanding di stadion yang berkapasitas 28.000 orang.

Pasukan David Moyes bertandang ke Bay Arena tanpa diperkuat beberapa pemain pilar seperti Robin van Persie dan Vidic. Hasilnya? Luar biasa! Mereka membantai Leverkusen lima gol tanpa balas.

Manchester United kini bertengger di puncak klasemen sementara Grup A dengan menggondol 11 poin, unggul tiga poin dari Shaktar Donetsk di peringkat kedua. Sementara itu, Leverkusen melorot ke posisi ketiga dengan memperoleh tujuh poin.

Dua aktor yang disebut sebagai suksesor kemenangan itu, yakni Wayne Rooney dan Shinji Kagawa.

Jarang dimainkan, pemain asal Jepang ini tampil menawan di belakang Rooney. Mereka berdua kompak bekerja sama dan menjadi aktor terciptanya gol pertama skuad Setan Merah.

"Saya pikir kami bermain dengan hebat, bersemangat, dan cepat. Buktinya, kami mampu memanfaatkan peluang dengan mencetak beberapa gol," kata Rooney seperti dikutip di laman Manutd.com

"Shinji merupakan pemain hebat. Dia tidak terlalu banyak turun bermain , tetapi dia tampil luar biasa malam ini."

Moyes boleh jadi menjadi sosok yang paling bergembira atas kemenangan itu. Sejak melatih Manchester United, baru kali ini Moyes berhasil memetik kemenangan besar, dan kemenangan itu justru diraih di kandang lawan.

"Bertanding jauh dari rumah dan mampu mencetak lima gol di tempat yang selama ini dikenal sulit untuk menang, merupakan hal luar biasa. Ini sungguh pertandingan menawan," kata Moyes.

Pelatih asal Skotlandia juga mengatakan Rooney dan Kagawa bermain apik.

"Ini merupakan musim yang berjalan panjang. Kami menampilkan perbedaan dalam laga semalam, tetapi malam ini Rooney dan Kagawa bermain sangat bagus."

"Terkadang perlu memasang Rooney di depan dan Kagawa di belakangnya. Ini merupakan alternatif jika Rooney atau van Persie cedera. Kagawa bermain bagus malam ini, dia juga bagus bermain di posisi kiri."

MU menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 52 persen sementara Leverkusen 48 persen. Total tendangan yang dilakukan pasukan Manchester United pun dua kali lipat dibandingkan dengan tim tuan rumah, sebanyak 18 tendangan.

"Tugas selanjutnya adalah memastikan juara grup. Kami ingin bermain bagus di semua kompetisi," kata Moyes. (OA)

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013