Bangkok (ANTARA News) - Pariwisata Thailand akan terpukul oleh kerusuhan politik saat ini dengan penurunan diperkirakan 10 persen pada catur wulan terakhir tahun ini, kata Dewan Pariwisata Thailand (TCT).

Presiden TCT Piyamarn Techapaiboon mengatakan, wisatawan asing melewati Bangkok dan perjalanan langsung ke kota wisata, seperti, Pattaya dan Phuket, namun banyak dari mereka mungkin menunda perjalanan ke Thailand jika politik tetap tegang.

Dia mengatakan pengunjukrasa menguasai kompleks pemerintah juga telah mempengaruhi bisnis katering untuk kelompok-kelompok seminar yang harus ditunda.

Kasian Watanachaopisut, Presiden Perhimpunan Asosiasi Aliansi Pariwisata Thailand-China Asosiasi Pariwisata, mengatakan wisatawan China telah menunda perjalanan mereka ke Thailand untuk menghindari kekerasan politik tetapi sebagian besar kelompok wisata dilanjutkan dengan jadwal aslinya.

Beberapa rute perjalanan mereka telah disesuaikan seperti mengambil perahu bukannya bus ke Buddha Temple Emerald, katanya.

Dia mengatakan sekitar 300.000 wisatawan China harus telah mengunjungi Thailand bulan ini, penurunan sebesar 40.000-50.000 orang dari bulan yang sama tahun lalu, sedangkan jumlah kenaikan menjadi 500.000 orang bulan depan.

Pengunjung China ke Thailand harus mencapai setidaknya empat juta orang tahun ini, katanya, dan menambahkan bahwa adanya penurunan sedikit penurunan itu disebabkan pembatasan di China, bukan kerusuhan politik, demikian OANA.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013