Tangerang (ANTARA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono menilai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day dijadikan momentum bersinergi dalam meningkatkan kompetensi atau kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Di momentum May Day ini, sesuai dengan tema "kerja bersama mewujudkan buruh yang kompeten". jadi kita bersama-sama meningkatkan kompetensi agar bisa menciptakan SDM yang unggul," ucap Rudi di Tangerang, Senin.

Menurutnya, situasi ketenagakerjaan nasional saat ini terus membaik seiring pemulihan ekonomi yang terus diupayakan pemerintah.

Pemulihan perekonomian, salah satunya dilakukan dengan mendorong stabilitas pemulihan ekonomi nasional dalam konteks kondisi sosio ekonomi politik global yang sangat dinamis.

Kendati, di momen yang baik itu diharapkan seluruh elemen terkait baik pemerintah dan juga serikat pekerja di daerahnya itu untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan kemampuan sebagai mencapai kompetensi yang unggul.

"Kita juga perlu meningkatkan daya saing kita, supaya kita bisa akhirnya bersama-sama baik itu pengusaha, pemerintah maupun Serikat pekerja untuk bersinergi," ungkapnya.

Dalam memperingati hari buruh internasional, Disnaker Kabupaten Tangerang menggelar beberapa rangkaian kegiatan untuk memperingati May Day pada 1 Mei 2024 mendatang.

Kegiatan itu disiapkan sebagai memberikan ruang kondusif bagi para pekerja/buruh agar dapat melaksanakan peringatan May Day dengan positif, aman, tidak anarkis bermanfaat dan penuh kegembiraan baik bagi buruh dan keluarganya.

"Sebetulnya untuk perayaan May Day di tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, kita menyiapkan beberapa kegiatan. Di antaranya seperti kegiatan sosial, pasar murah, mancing bersama, doorprize, dan pekan olahraga buruh serta panggung hiburan," ucapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan positif di hari buruh ini dinilai dapat membangun rasa kebersamaan, keharmonisan dan keseimbangan antara buruh dengan pengusaha di bawah pengayoman pemerintah.

Rudi juga menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan rangkaian kegiatan sejak tanggal 22 April dan akan berakhir pada puncak peringatan hari buruh yakni pada Rabu Mei 2024.

"Untuk kegiatan kita sudah mulai sejak 22 April lalu, dan nanti berakhir pada tanggal 1 Mei. Dan selama itu nanti kita akan memberikan sejumlah hadiah kepada peserta sebagai semarak May Day," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk menumbuhkan kebersamaan dan keharmonisan antara buruh dan pengusaha, maka sejumlah rangkaian kegiatan perlombaan pun akan diselenggarakan dengan menyiapkan sejumlah hadiah bagi para pemenangnya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan rangkaian kegiatan bakti sosial seperti donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para buruh yang ada di Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosial itu, bakal diselenggarakan di lingkup Puspemkab Tangerang dengan diikuti ratusan peserta dari para pengusaha, serikat pekerja hingga instansi terkait.

"Nanti untuk hadiah kita siapkan sepeda motor sebanyak 10 unit, sepeda dan lain sebagainya," kata dia.*

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024