Indonesia Education Partnerships (IEP) secara konsisten selama 10 tahun lebih telah membantu para mahasiswa asal Papua yang melanjutkan sekolah di luar negeri
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pendidikan setempat menyebutkan kunjungan Direktur Indonesia Education Partnerships (IEP) Mr Brook Williams Ross guna membahas pendidikan di Amerika Serikat yang selama ini telah terjalin kerja sama dengan baik.
 
Kepala Dinas Pendidikan Papua L. Christian Sohilait di Jayapura, Senin, mengatakan dengan begitu kunjungan tersebut mempererat jalinan kerja sama yang telah dibangun selama ini.
 
"Indonesia Education Partnerships (IEP) secara konsisten selama 10 tahun lebih telah membantu para mahasiswa asal Papua yang melanjutkan sekolah di luar negeri," katanya.
 
Menurut Chistian, melalui pertemuan ini pihaknya berharap semakin banyak anak-anak asal Papua yang dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Baca juga: Pemprov PBD gandeng Uncen hadirkan sekolah pariwisata di Kota Sorong
 
“Pemprov Papua bersyukur ada lembaga yang peduli untuk pendidikan di Papua sehingga kami berharap semakin banyak lagi bantuan seperti ini,”ujarnya.
 
Dia menjelaskan lembaga seperti IEP sangat penting bagi dunia pendidikan di Papua karena melalui ini sumber daya manusia (SDM) setempat bisa menjadi lebih baik.
 
“IEP telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua, tetapi dengan adanya DOB ada sedikit persoalan pendanaan atau penganggaran namun pihaknya tetap konsisten membantu para mahasiswa asal Papua di luar negeri," katanya.
 
Untuk itu pihaknya mendorong anak-anak Papua agar terus melanjutkan pendidikannya di luar negeri, kemudian memperkenalkan kampus-kampus yang terbaik melalui IEP.
 
“Apalagi IEP kini juga membantu memberikan pelatihan manajemen kepada 75 orang mahasiswa Papua,” ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Papua siapkan layanan internet VSAT untuk pendidikan Biak
Baca juga: Disdik Papua Barat terima 1.208 proposal bantuan pendidikan tinggi

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024