Samarinda (ANTARA News) - Kebakaran menghanguskan sedikitnya 18 rumah di Jalan Kemuning, Kelurahan Loa Bakung, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu siang.

Informasi yang berhasil dihimpun di lokasi kebakaran menyebutkan, kobaran api yang terjadi di Pasar Kemuning dan di tengah pemukiman padat penduduk tersebut diduga berasal dari salah satu rumah kosong di RT 10 Jalan Kemuning, Kecamatan Sungai Kunjang.

"Kami tidak tahu penyebabnya, tiba-tiba api langsung membumbung dan membakar rumah-rumah warga. Rumah yang diduga asal api tersebut dalam keadaan kosong sehingga tidak diketahui secara pasti penyebabnya," ungkap seorang saksi mata di lokasi kebakaran, Rabu siang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim, Wahyu Widhi Heranata, Rabu sore menyatakan, kebakaran yang menghanguskan 18 rumah serta sebuah bangsal dengan lima pintu tersebut menyebabkan 17 Kepala Keluarga dari 66 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal.

"Kebakaran terjadi mulai pukul 10. 55 dan api baru berhasil dikuasai satu jam kemudian atau sekitar pukul 12. 00 Wita," ungkap Wahyu Widhi Heranata.

Kebakaran itu lanjut Wahyu Widhi Heranata menghanguskan rumah di tiga RT di Jalan Kemuning yakni di RT 10, RT 11 dan RT 19.

Pada kebakaran tersebut, belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api diantaranya, PMK Satpol PP Provinsi Kaltim, PMK Korem 091 Ajis Suryanata Kesuma, PMK Yong Jing dan Pemkot Samarinda.

"Sejauh ini kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran dan asal api sebab masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Saat ini, petugas di lapangan masih mendata jumlah rumah dan korban dari kebakaran tersebut," ungkap Wahyu Widhi Heranata.(*)

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013