Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik kemarin (30/4) menjadi sorotan, di antaranya pembubaran tim kampanye pasangan calon nomor urut 01 Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) sampai puncak peringatan HUT Kopassus yang dihadiri presiden terpilih Prabowo Subianto.

Berikut rangkuman berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Timnas AMIN gelar pembubaran di rumah Anies Baswedan

Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menggelar pembubaran di rumah Anies Baswedan yang berada di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin, setelah tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 selesai.

Selain dihadiri oleh Anies selaku tuan rumah, dan pasangannya yakni Muhaimin, pembubaran itu pun dihadiri oleh tokoh-tokoh Timnas AMIN mulai dari Kapten Timnas AMIN Syaugi Alaydrus, Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong, hingga sejumlah juru bicara Timnas AMIN. Selain itu, tampak hadir pula mantan Kadivhubinter Polri yakni Napoleon Bonaparte.

Selengkapnya baca di sini.


2. Prabowo hadiri upacara HUT Kopassus ke 72 di Cijantung

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri upacara memperingati HUT Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke 72 di Cijantung, Jakarta Timur.

Prabowo terlihat mengenakan jas berwarna abu-abu dan kemeja berwarna putih. Tidak lupa Prabowo juga mengenakan baret merah pertanda masih menjadi keluarga besar Kopassus.

Selengkapnya baca di sini.


3. Mendagri lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Suhajar Diantoro menjadi Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bidang Hukum, Kerja Sama, dan Kepegawaian.

Pelantikan ini dilakukan sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 800.1.3.3-1023 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Wakil Rektor IPDN di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


4. Zulhas tak persoalkan jumlah jatah menteri untuk PAN

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas menyatakan tak mau mempersoalkan jumlah jatah menteri yang diperoleh partainya pada era pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Saya ini Menteri Perdagangan, namanya pembantu presiden dan yang punya hak adalah presiden terpilih Pak Prabowo, terserah pada beliau berapa saja," kata Zulhas seusai agenda "Halalbihalal dan Rakorwil Menuju Pilkada 2024,” di Surabaya, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


​​​​​​​5. Muhaimin katakan siapkan kejutan untuk Pilkada Jawa Timur

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan tengah menyiapkan kejutan khusus untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur(Jatim).

Dia mengatakan saat ini PKB tengah berkonsentrasi dalam melakukan seleksi, menelusuri rekam jejak, hingga menentukan tokoh-tokoh yang akan menjadi bakal calon kepala daerah.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024