ke depan Kota Solo bisa menjadi inspirasi seni budaya yang menjadi tulang punggung perekonomian warga, dan semangat wisatawan semakin meningkat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penyelenggaraan Solo Menari 2024 memberi dampak kepada geliat ekonomi serta seni budaya yang ada di Kota Solo.
 
“Kita harapkan ke depan Kota Solo bisa menjadi inspirasi seni budaya yang menjadi tulang punggung perekonomian warga, dan semangat wisatawannya semakin meningkat,” ujar Sandiaga dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Penyelenggaraan Solo Menari 2024 menurutnya meneguhkan Kota Solo sebagai Kota Kreatif UNESCO yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Sandiaga pun berharap Kota Solo bisa lebih banyak menyelenggarakan kegiatan budaya lainnya.
 
Ajang Solo Menari 2024 digelar di tiga titik lokasi yang ada di Solo yaitu Taman Sriwedari, Solo Safari dan Balai Kota.

Acara tersebut menyuguhkan pesona tari tradisional dan kontemporer dalam sebuah pertunjukan spektakuler. Acara pembukaan Solo Menari di Taman Sriwedari menampilkan tarian kolosal dari 200 penari yang memerankan karakter binatang.

Baca juga: Menparekraf koordinasikan tiket penerbangan ke Kaltim dengan Kemenhub

Baca juga: Dispar Kaltim-Menparekraf bina komunitas perkuat parekraf sekitar IKN

 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko mengatakan para pelaku seni dan pekerja seni di Solo perlu menjaga semangat dan kualitas kegiatan di tahun-tahun mendatang agar bisa menggelorakan semangat tari di Surakarta juga di seluruh Indonesia.
 
“Lewat ajang Solo Menari yang telah masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara, diharapkan menjadi gelora semangat tari yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.
 
Kreator Solo Menari Heru Mataya berharap ajang Solo Menari menjadi program yang berkelanjutan dengan berbagai langkah strategi yakni dengan mengembangkan sistem Membership of Solo Menari dari beragam pihak dan masyarakat umum untuk menguatkan pendukung Solo Menari.
 
Dia menambahkan kekayaan seni tari bangsa Indonesia harus dilestarikan dan dikembangkan agar generasi muda.
 
“Jangan sampai seni tari tergerus arus globalisasi,” tuturnya.
 
Gelaran Solo Menari merupakan satu dari empat agenda Kota Solo yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, yaitu Grebeg Sudiro, Solo Menari, Solo Keroncong Festival dan International Mask Festival.

KEN 2024 mengusung tema Budaya Indonesia, di mana sebanyak 110 kegiatan terangkum dalam KEN 2024 tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Gibran konsisten perbanyak acara berkelas internasional di Solo

Baca juga: Kemenparekraf sebut Solo Menari perteguh sebagai Kota Kreatif UNESCO 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024