Kami berupaya maksimal untuk meningkatkan kinerja operasional perusahaan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ...
Kabupaten Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja menerima dana hibah air minum berbasis kinerja dari Pemerintah Australia sebesar Rp10,2 miliar.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Raharja, A. Teddy Setiabudi mengatakan pihaknya merupakan salah satu dari lima PDAM di Indonesia yang menerima dana hibah berbasis kinerja tersebut.

"Kami berupaya maksimal untuk meningkatkan kinerja operasional perusahaan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bandung, agar mendapatkan air minum yang aman," kata Tedy di Kabupaten Bandung, Kamis.

Baca juga: OIKN tanda tangani perjanjian hibah kota cerdas dengan Amerika Serikat

Menurut Teddy, dari lima PDAM se-Indonesia tersebut, hanya Perumda Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang dapat memenuhi 11 indikator atau semua parameter kinerja yang ditetapkan Pemerintah Australia.

"Jadi memang, kami satu-satunya PDAM di Indonesia, yang dapat memenuhi 100 persen dari 11 indikator atau standar kinerja yang ditetapkan oleh Kedubes Australia," katanya.

Pada 2021, Pemkab Bandung pertama kali mendapatkan dana hibah berbasis kinerja dari Australia untuk Perumda Tirta Raharja mencapai Rp720 juta. Kemudian 2022 sebesar Rp435 juta, berlanjut  2023 naik menjadi Rp1,722 miliar dan pada 2024 naik signifikan menjadi Rp10,293 miliar.

“Sampai saat ini total dana hibah yang diterima Pemkab Bandung mencapai Rp13,170 miliar,” katanya.

Baca juga: Pemkot Surakarta prioritaskan dana hibah UEA untuk fasilitas umum

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan terima kasih kepada Kedutaan Besar Australia yang sudah tiga tahun berturut-turut memberikan perhatian kepada Kabupaten Bandung melalui kegiatan kampanye perubahan iklim atau hibah berbasis kinerja yang diterima Perumda Tirta Raharja.

"Saya haturkan terima kasih kepada Kedubes Australia, karena melalui program Kemitraan Indonesia-Australia untuk bantuan hibah berbasis kinerja kepada Perumda Tirta Raharja yang terus meningkat signifikan setiap tahun," kata Dadang.

Baca juga: Batam terima hibah sistem pengendalian lalu lintas Rp17,2 miliar

Dadang menjelaskan, dana hibah tersebut terus naik setiap tahun karena Perumda Tirta Raharja terus berupaya maksimal untuk memenuhi 11 indikator yang menjadi persyaratan untuk penerimaan dana hibah yang diberikan.

"Terima kasih juga kepada jajaran Perumda Tirta Raharja karena sudah menunjukkan prestasi terbaik selama ini, baik dalam pelaksanaan program kerja termasuk pertanggungjawabannya, sehingga setiap tahun terus mendapat kepercayaan dari Pemerintah Australia dalam rangka menyikapi perubahan iklim," katanya.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024