Jakarta (ANTARA) - Distributor alat berat Caterpillar di Indonesia PT Trakindo Utama meraih penghargaan Best Employers 2023 dari perusahaan konsultan SDM global Kincentric karena dinilai telah menciptakan pengalaman kerja yang baik bagi karyawan.

"Pencapaian ini sangatlah penting bagi kami untuk mengukur komitmen emosional dan intelektual karyawan terhadap perusahaan, sehingga kami bisa mencapai keberlanjutan organisasi," kata Chief Administration Officer Trakindo Yulia Yasmina dalam keterangan resminya, Jumat.

Angka keterlibatan karyawan yang dinilai tinggi juga berhasil membawa Trakindo untuk mendapat penghargaan tambahan, yakni pengakuan khusus sebagai salah satu perusahaan dengan keterlibatan karyawan tertinggi atau Most Engaged Workplace.

Baca juga: Trakindo bina sekolah di Indonesia terapkan "challenge-based learning"

Hasil survei yang dilakukan Kincentric menyebutkan bahwa karyawan Trakindo dinilai merasa puas dari berbagai aspek, meliputi dukungan dalam perkembangan dan kemajuan karier karyawan, kebanggaan sebagai bagian dari Trakindo, serta merasa kolaborasi karyawan terjalin baik melalui komunikasi yang jelas dan terbuka.

Berdasarkan indikator penilaian Kincentric, karyawan menilai bahwa Trakindo cukup efektif dalam berinovasi dengan meraih kepuasan karyawan sebesar 94 persen.

Selain itu, sebagian besar karyawan juga berpendapat bahwa Trakindo memperhatikan dan memfasilitasi karyawan dengan menyediakan teknologi mutakhir untuk melakukan pekerjaannya dengan maksimal yang ditunjukkan dengan kepuasan karyawan 94 persen.

Baca juga: Swasta dukung peningkatan kemampuan siswa pada teknik alat berat

Karyawan juga berpendapat bahwa Trakindo dapat menumbuhkan budaya kolaborasi dalam organisasi yang baik di mana kepuasan karyawan mencapai 91 persen sehingga antar divisi di perusahaan dapat saling bersinergi dengan baik.

Tercatat bahwa Trakindo terus menunjukkan peningkatan skor keterlibatan karyawan dalam 6 tahun terakhir. Pada tahun ini, skor keterlibatan karyawan Trakindo mencapai 95 persen atau meningkat 5 persen dari tahun sebelumnya.

"Trakindo telah mencapai nilai tertinggi dan kini berhak menyandang status bergengsi sebagai salah satu perusahaan terbaik dengan kategori Best Employers 2023 versi Kincentric, dengan hasil yang melampaui rata-rata perusahaan lain di Indonesia," kata Direktur Kincentric Singapura Andrew How.

Baca juga: Trakindo turut dukung pembangunan Pusat Kebudayaan Bali

Baca juga: Trakindo gelar Caterpillar Global Operator Challenge 2022 di Bali

Baca juga: K3L dinilai menjadi prioritas dunia usaha

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024