... kenaikan tarif tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk merayakan tahun barunya di Batu... "
Malang, Jawa Timur (ANTARA News) - Tahun baru yang hanya tinggal beberapa hari saja membuat tingkat hunian atau okupansi hotel di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, sebagian besar sudah penuh dipesan wisatawan dari berbagai daerah.

Ketua Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia Kota Batu, Uddy Syaifuddin, Selasa, mengatakan, tingkat hunian hotel menjelang pergantian tahun 2014 rata-rata mencapai 80 hingga 90 persen, bahkan ada hotel yang sudah penuh.

"Harga kamar pada saat menjelang dan beberapa hari setelah pergantian tahun naik antara 25 hingga 50 persen, namun kenaikan tarif tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk merayakan tahun barunya di Batu," ujarnya.

Kenaikan tarif kamar hotel itu sesuai kebijakan manajemen masing-masing hotel dan rata-rata kenaikan tarif tersebut karena adanya tambahan berbagai fasilitas untuk memanjakan tamu pada saat perayaan pergantian tahun.

Hotel besar dan kecil di Kota Batu yang bergabung dengan PHRI mencapai 52 hotel dan resort. Dan, rata-rata tingkat pemesanan kamar pada saat Natal dan Tahun Baru 2014 sudah mencapai 80-90 persen.

Sementara Manajer Pemasaran Purnama Hotel Batu, ,Arif P Saputra mengatakan, saat ini pemesanan kamar hotel tersebut mencapai 80 persen. "Kami yakin pada saaat Natal dan tahun Baru 2014 okupansinya bisa mencapai 100 persen," ujarnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013