Jakarta (ANTARA) -
Bagi wanita yang hobi mendaki atau hiking, kondisi sedang menstruasi menjadi tantangan tersendiri karena harus tetap menjaga kebersihan demi kesehatan.

Ditulis laman Well and Good, Sabtu (11/5), penulis dan pakar backpacking Heather Anderson mengatakan produk menstruasi yang menjadi pilihan para pendaki adalah menstrual cup.

Anda hanya perlu membawa satu cangkir, sehingga menghemat ruang di ransel Anda dan umumnya aman dipakai hingga 12 jam, menurut Mayo Clinic.

Baca juga: Ahli sebut tak ada larangan berolahraga untuk anak perempuan haid

Kelly O. Elmore, MD, seorang dokter kandungan bersertifikat di San Diego mengatakan menstrual cup perlu dikosongkan lebih sering tergantung pada aliran darah Anda. Sebelum Anda menggunakannya, pastikan untuk mencuci tangan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Untuk membersihkan menstrual cup dari darah menstruasi, Anderson menyarankan untuk menggali dan mengubur bekas kotoran. Lalu cuci menstrual cup dengan sabun biodegradable bebas pewarna dan pewangi, atau direbus dengan air bersih selama 5-7 menit.

Ia juga menambahkan selama pembuangan dan pembersihan, pastikan Anda berada setidaknya 200 kaki (kurang lebih 70 meter) dari sumber air sungai, danau, sungai, perkemahan, dan jalan setapak.

Baca juga: Siklus haid bisa jadi barometer kesehatan perempuan

Selain itu, pilihan lainnya adalah tampon atau pembalut. Namun baik tampon atau pembalut harus rutin diganti setiap 4-8 jam sekali agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan bakteri.

Kelemahan terbesar dari penggunaan produk sekali pakai yaitu anda harus “mengemasnya”, atau membawa tampon dan pembalut bekas di ransel Anda sampai Anda memiliki akses ke tempat sampah, kata Anderson.

Untuk membuat tugas menjadi lebih mudah, Anderson merekomendasikan untuk menempatkan produk bekas ke dalam tas sekali pakai yang dapat menutup rapat dan menghalangi bau.

Baca juga: Kebersihan saat menstruasi kunci kesehatan reproduksi perempuan

Selain tas yang dirancang khusus, Anda juga dapat menyimpan produk menstruasi bekas di dalam kantong Ziploc yang dilapisi lakban untuk menjaga kerahasiaannya, dan dapat membuangnya ketika pulang.

Anderson juga mengatakan pakaian dalam untuk menstruasi atau periode underwear, berguna untuk perjalanan singkat semalam atau perjalanan dua hari.

Pakaian ini berfungsi ganda sebagai pakaian dalam standar setelah Anda selesai menstruasi, dapat digunakan kembali, dan dapat dipakai maksimal 12 hingga 14 jam, tergantung aliran darah dan merek yang dipakai. CDC merekomendasikan untuk membersihkannya lebih sering guna mencegah ruam atau infeksi.

Baca juga: Aktivis NTB bahas kesehatan menstruasi di konferensi internasional

Mengenai perlengkapan lainnya, Anderson menyarankan membawa obat pereda keram perut untuk berjaga-jaga dan bawa lebih dari satu menstrual cup, tampon atau celana dalam menstruasi.

Jika Anda mengalami sakit kepala ringan, pusing, sakit kepala, kelelahan, atau ketidaknyamanan umum, pelan-pelan atau istirahatlah, saran Dr. Elmore.

Baca juga: "Celebrate Yourself, Period!" rekomendasi buku baru soal menstruasi

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024