Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan akomodasi berbasis daring OYO menyebut Jakarta sebagai kota yang paling banyak dipesan untuk akomodasi OYO selama liburan Lebaran tahun 2024 lalu.

"Kami berupaya terus memberikan kontribusi yang signifikan pada industri pariwisata khususnya pada momentum Ramadhan yang dirayakan dengan meriah di Indonesia,” kata Country Stock and Flow OYO Indonesia Hendro Tan dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Dalam Laporan Tren Pemesanan Lebaran 2024 yang OYO miliki, Tan menuturkan capaian Jakarta tersebut mencerminkan perannya sebagai pusat bisnis yang ramai, titik fokus untuk pertemuan keluarga dan keterlibatan sosial, pusat atraksi budaya dan agama, serta ketersediaan infrastruktur dan akomodasi.

Baca juga: OYO tawarkan diskon menginap hingga 80 persen untuk sambut Lebaran

Baca juga: Empat kota ini jadi tempat favorit libur lebaran


Dengan populasi sosial yang beragam, Jakarta menjadi pusat berkumpulnya keluarga yang tersebar di seluruh penjuru negeri, serta menjadi tujuan kegiatan sosial selama periode Lebaran.

Selain Jakarta, OYO mencatat Makassar menjadi kota favorit wisatawan yang paling sering dipesan dan momentum lebaran mencatat 233 persen kenaikan year on year.

Potensi wisata bahari Makassar yang memukau, kuliner yang menggugah selera, kemegahan situs-situs bersejarah, wisata religi dengan banyaknya tempat ibadah dengan arsitektur yang megah dan unik serta wisata edukasi, Makassar dapat memanjakan semua kalangan wisatawan dengan destinasi wisata yang lengkap serta pilihan akses transportasi yang beragam dan mudah didapatkan.

Sedangkan berdasarkan data Kementerian Perhubungan, ada sekitar 242 juta pergerakan masyarakat selama periode mudik dan balik Lebaran tahun ini. Hal ini memperlihatkan peningkatan jauh dibandingkan prediksi sebelumnya yang hanya 192 juta.

Menurut dia momentum ini memberikan yang besar terhadap pelaku UMKM dalam mendorong peningkatan ekonomi dan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja. Seluruh pemangku kepentingan yang telah mempersiapkan seluruh hal penunjang.

Sebagai penyedia akomodasi terpercaya di Indonesia, katanya, OYO pun terus memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman yang tak terlupakan, dan berkontribusi pada industri pariwisata secara keseluruhan.

“Kami memastikan kemeriahan yang dirasakan juga dapat dilengkapi dengan kesiapan properti menyambut para tamu dengan memberikan layanan terbaik, menjaga protokol kebersihan dan keamanan, preferensi harga yang disesuaikan, sehingga dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk mempromosikan destinasi wisata di seluruh Indonesia,” kata Tan.

Baca juga: OYO hadirkan integrasi layanan akomodasi untuk acara pemerintah

Baca juga: OYO sediakan modal investasi bagi mitra untuk standarisasi properti

Baca juga: OYO luncurkan 150 properti premium melalui program Managed by OYO

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024