Gianyar, Bali (ANTARA) - Bali United bermain imbang 1-1 saat melawan Persib Bandung pada laga pertama semifinal Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa malam.

Pada babak pertama, Bali United tampil lebih agresif menyerang pertahanan Persib Bandung melalui beberapa kali tendangan berbahaya ke gawang lawan.

Gelandang tim tuan rumah, Eber Bessa melesatkan tendangan kerasnya pada menit ke-14 tapi masih dapat diantisipasi kiper lawan Kevin Ray Mendoza.

Kiper kedua tim juga patut diapresiasi karena berjuang keras mengamankan gawang dari potensi kebobolan.

Persib melakukan serangan balik ke tim tuan rumah dengan julukan Serdadu Tridatu itu di antaranya gaya cepat penyerang tim tamu dengan julukan Maung Bandung, David Da Silva.

Kiper Bali United Adilson Maringga sempat jatuh bangun saat berupaya mengamankan gawang dari tendangan berbahaya lawan pada menit ke-27.

Permainan kedua tim makin alot di tengah tiupan angin di lapangan pemusatan latihan Bali United di pinggir Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar itu.

Hingga turun minum papan skor masih menunjukkan angka kaca mata yakni 0-0.

Baca juga: LIB uji VAR jelang semifinal Bali United lawan Persib Bandung

Pada babak kedua jual beli serangan terus terjadi pada laga yang dikawal wasit Hery Cahyono.

Untuk pertama kalinya, wasit juga memanfaatkan Video Assistant Referee (VAR) sekitar menit ke-50 yang berujung penalti untuk Persib Bandung.

Ada pun bertindak selaku wasit VAR adalah Aidil Azmi dan asisten wasit VAR yakni Fajar Furqon.

Penyerang Persib, David da Silva yang mengeksekusi penalti tersebut gagal membuahkan gol karena dapat ditepis kiper Adilson Maringga dan melempar bola ke sisi kanan gawang.
 
Ribuan suporter merangsek masuk mendekati akhir babak kedua antara Bali United melawan Persib Bandung pada laga semifinal putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (14/5/2024). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)



Pertandingan sempat ditunda beberapa saat setelah ribuan suporter tiba-tiba merangsek masuk di area utara Bali United Training Center sekitar pukul 21.45 Wita yang saat itu pertandingan sudah memasuki sekitar menit ke-80.

Baca juga: Polisi jaga suporter merangsek masuk Bali United Training Center

Sejatinya laga tersebut digelar tertutup dari umum karena terbatasnya kapasitas tempat latihan Bali United itu.

Pertandingan dipindahkan dari Stadion Dipta ke Training Center itu karena markas Serdadu Tridatu masih digunakan untuk Piala Asia Putri U17.

Meski begitu, sejak pertandingan belum dimulai para suporter sudah mulai berdatangan dan hanya tamu undangan yang diperbolehkan masuk melalui portal yang dijaga petugas keamanan internal dan kepolisian.

Sesaat setelah suporter itu merangsek masuk, aparat kepolisian kemudian melakukan barikade untuk menjaga keamanan di area utara lapangan.

Wasit kemudian kembali melanjutkan pertandingan dan tim tuan rumah kemudian melakukan serangan balik dan berhasil mencatatkan gol pembuka melalui sundulan Jefferson Assis pada menit ke-82 sehingga unggul 1-0.

Mendekati menit terakhir, tuan rumah juga harus bermain 10 orang karena Jajang Mulyana mendapatkan kartu merah dan harus keluar lapangan lebih awal.

Persib Bandung kemudian membalasnya dan menyamakan kedudukan 1-1 melalui sundulan David Da Silva pada menit ke-99 pada waktu tambahan 15 menit.

Hingga peluit panjang ditiup wasit, pertandingan sengit itu berakhir 1-1.

Sedangkan situasi di Bali United Training Center hingga pertandingan selesai berlangsung kondusif dan ribuan suporter yang sebelumnya masuk, kemudian tertib membubarkan diri.

Baca juga: Rekor pertemuan Bali United vs Persib Bandung: Serdadu Tridatu unggul

Susunan pemain:

Bali United:

Adilson Maringga, Elias Dolah, Haudi Abdillah, Ilija Spasojevic, Eber Bessa, Kadek Agung, Novri Setiawan, Ricky Fajrin, Privat Mbarga, Irfan Jaya, Mohammed Rashid.

Pelatih Kepala: Stefano Cugurra

Persib Bandung:

Kevin Ray Mendoza, Nick Kuipers, Dedi Kusnandar, Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, David Aparecido, Alberto Rodriguez, Marc Anthony, Rezaldi Hehanusa, Ciro Henrique Alves, Stefano Beltrame.

Pelatih Kepala: Bojan Hodak.

Baca juga: Melirik sejarah pencapaian empat tim peserta Championship Series

Baca juga: Prediksi susunan pemain Madura United vs Borneo FC

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024