Jakarta (ANTARA) -
Perumda Dharma Jaya melayani dan menyediakan jasa pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah untuk memastikan keamanan dan higienitas daging yang dikonsumsi masyarakat.
 
"Kami menyediakan jasa pemotongan hewan dengan harga mulai dari Rp850 ribu hingga Rp2 juta," kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Raditya merinci jasa pemotongan tersebut, yakni jasa potong hanya sampai karkas empat (four quarter) seharga Rp850 ribu, jasa potong sampai cincang dan pemaketan daging sapi dari Perumda Dharma Jaya seharga Rp1.750.000 per ekor.
 
Kemudian, jasa potong sampai cincang dan pemaketan daging sapi yang tidak beli di Perumda Dharma Jaya akan dikenakan Rp2 juta per ekor. "Harga ini tidak termasuk biaya distribusi," ujarnya.

Baca juga: Dinas KPKP DKI mulai periksa kesehatan hewan kurban

Selain itu, Dharma Jaya juga menyarankan membeli kurban lebih awal agar bisa mendapatkan harga lebih murah. Ada diskon atau potongan harga hingga Rp2 ribu per kilogram (kg) untuk pembelian sebelum 17 Mei 2024.
 
Adapun harga kambing tipe A dengan berat 35-40 kg seharga Rp4 juta, kambing tipe B dengan berat 30-34 kg seharga Rp3,5 juta dan kambing tipe C dengan berat 25-29 kg seharga Rp3 juta.
 
Lalu sapi jenis Limousine, Simental, Peranakan Ongole (PO) dengan berat 400-700 kg seharga Rp71 ribu, sapi Bali dan Kupang dengan berat 200-400 kg seharga Rp72 ribu serta sapi Madura dengan berat 300-400 kg seharga Rp73 ribu per kg.

Baca juga: DKI diingatkan untuk vaksin PMK bagi hewan kurban di Jakarta
 
Untuk harga sapi Limousine super dengan berat lebih dari 700 kg disarankan untuk menghubungi Dharma Jaya terlebih dahulu.
 
"Harga sudah termasuk perawatan dan pemeliharaan ternak dan pengiriman gratis se-Jabodetabek," ujarnya.

Dharma Jaya melanjutkan program penugasan dari Pemprov DKI Jakarta terkait penyediaan dan pendistribusian pangan murah bersubsidi dengan menyediakan stok pengadaan bahan baku pada saat harga rendah untuk keperluan stok pengaman (buffer stok).
 
Lalu, melakukan pasar murah (bazar) dan operasi pasar bersama BUMD pangan lainnya serta instansi terkait dan mengembangkan kerja sama antardaerah dalam upaya pemenuhan penawaran dan permintaan (supply-demand) bahan baku dengan kualitas baik, harga kompetitif dan berkelanjutan.
Baca juga: Dharma Jaya beri diskon 3 persen bagi "reseller" daging

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024